Cara Tidur Cepat Ala Dokter Lulusan Harvard, Namanya Metode 4-7-8

Tim detikHealth - detikJateng
Selasa, 19 Jul 2022 03:01 WIB
Ilustrasi tidur dengan kipas angin menyala
Ilustrasi tidur. Foto: Getty Images/iStockphoto/invizbk
Solo -

Susah tidur merupakan masalah yang paling mengganggu bagi para pekerja kantoran. Malam hari yang mestinya untuk beristirahat setelah bekerja seharian jadi habis untuk begadang. Berikut cara tidur cepat ala dokter lulusan Harvard, metodenya disebut 4-7-8.

Ada banyak penyebab orang susah tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Salah satu penyebabnya yaitu stres. Stres pun sumbernya banyak, seperti beban kerja yang menumpuk dan lain-lain.

Dikutip dari detikHealth yang melansir dari Reader's Digest, ternyata ada cara tidur cepat ala Andrew Weil, dokter lulusan Harvard University. Cara tidur cepat yang dinamai metode 4-7-8 ini bisa Anda coba praktikkan di rumah.


Seperti namanya, metode 4-7-8 ini merupakan latihan teknik pernapasan yang diadopsi dari cara meditasi pegiat yoga di India sejak berabad-abad lalu.

Berikut cara cepat tidur dengan metode 4-7-8.

1. Sebelum memulai metode ini, pastikan kamar dan tempat tidur Anda dalam kondisi yang nyaman.
2. Rebahkan tubuh di atas tempat tidur. Cari posisi yang paling nyaman.
3. Tarik napas melalui hidung selama empat detik.
4. Jangan tergesa diembuskan, tapi tahan dulu selama tujuh detik.
5. Kemudian, lepaskan napas lewat mulut secara perlahan dalam delapan detik.
6. Ulangi tarik-tahan-lepas nafas selama 4-7-8 detik ini sampai merasa ngantuk.

"Ini metode terbaik yang pernah saya temukan untuk mengatasi jika kamu ingin tertidur sejenak untuk terjaga di tengah malam nanti," kata Dr Weil dalam sebuah seminar, dikutip dari detikHealth pada Senin (18/7/2022).

Menurut Dr Weil, para pegiat yoga menggunakan metode 4-7-8 ini untuk mencapai tahap relaksasi sempurna. Tak hanya itu, metode 4-7-8 ini juga ampuh untuk melawan stres dan kecemasan.

Jika diterapkan secara rutin, metode yang sengaja memperlambat napas ini akan memaksa ritme jantung untuk melambat pula. Dampaknya, seluruh tubuh pun ikut rileks. Bisa dibilang metode ini semacam obat tidur alami bagi tubuh dan pikiran.

"Teorinya adalah dengan memaksakan ritme tertentu pada napas dengan sistem sukarela, perlahan akan masuk ke dalam sistem saraf tak sengaja pula. Dan seiring waktu juga. Jadi melakukannya secara rutin selama beberapa minggu, bulan, hingga tahun dan menjadikan perubahan yang kamu inginkan," ujar Dr Weil.

detikJateng sudah mempraktikkan enam langkah di atas. Hasilnya, cukup manjur. Bagaimana, Anda juga tertarik untuk mencobanya?



Simak Video "Karier Kian Bersinar, Surya Insomnia Akui Takut"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)