Update Korban Laka Bus Pendaki Merbabu: 6 di RSUD Muntilan-3 di RS Sardjito

Eko Susanto - detikJateng
Senin, 18 Jul 2022 11:38 WIB
Bus yang membawa rombongan pendaki Gunung Merbabu kecelakaan di kawasan Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Sabtu (16/7/2022).
Bus yang membawa rombongan pendaki Gunung Merbabu kecelakaan di kawasan Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Sabtu (16/7/2022). (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Kab Magelang -

Enam korban kecelakaan bus rombongan pendaki Gunung Merbabu di kawasan Ketep, Sawangan, Magelang, masih menjalani rawat inap di RSUD Muntilan. Tiga korban lain dirujuk ke RSUP dr Sardjito Yogyakarta.

Dalam kecelakaan yang terjadi Sabtu (16/7) itu, informasi awal menyebutkan ada 18 korban yang dilarikan ke RSUD Muntilan. Namun setelah dilakukan pengecekan akhir di rumah sakit, jumlah korban ada 19 orang.

"Ya betul, setelah dicek kembali jumlah keseluruhan 19 orang," kata Direktur RSUD Muntilan dr M Syukri MPH dalam pesan singkatnya, Senin (18/7/2022).


Dari 19 korban tersebut, enam orang menjalani rawat inap, 10 orang rawat jalan dan tiga orang dirujuk menuju RSUP dr Sardjito.

Dihubungi secara terpisah, Kanit Gakkum Satlantas Polres Magelang Iptu Toyib Riyanto mengatakan sopir bus pelat nomor DK-759-AK bernama Andreas Aditya Linartha (42) hingga saat ini belum bisa diperiksa. Pasalnya yang bersangkutan masih menjalani rawat inap di RSUD Muntilan.

"Belum bisa (diperiksa). Barang bukti bus sekarang berada di Satlantas Polres Magelang," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bus bernopol DK-7590-AK yang membawa rombongan pendaki Gunung Merbabu mengalami kecelakaan di wilayah Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Sabtu (16/7). Diduga bus tidak kuat saat melewati tanjakan sehingga mundur melewati bahu jalan hingga terbalik.

Data yang dihimpun detikJateng di lokasi kejadian, bus tersebut dikemudikan Andreas Aditya Linartha (42) yang membawa 34 rombongan pendaki Gunung Merbabu. Para pendaki ini ada yang berasal dari Jakarta, Bogor, maupun daerah lainnya. Mereka berencana mendaki Gunung Merbabu melalui Basecamp Suwanting, Kecamatan Sawangan.

Diduga saat melewati jalan menanjak di Jalan Raya Magelang-Boyolali tepatnya di kawasan Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, dekat SMPN 2 Sawangan, bus tidak kuat menanjak. Akibatnya bus berjalan mundur hingga bus terbalik jatuh di lahan pertanian dengan posisi menghadap ke barat. Selain itu, ada juga mobil Suzuki S Cross nopol H 1826 FF yang juga terbalik.

"Kami mau naik Gunung Merbabu. Pas nanjak mesin mati, rem blong mau turun. Terus mundur, beberapa detik akhirnya jatuh," kata sopir bus Andreas saat ditemui di RSUD Muntilan, Kabupaten Magelang, Sabtu (16/7).



Simak Video "Wisata Negeri Kayangan Magelang Suguhkan Keindahan Kabut dan Gunung"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)