HUT Bhayangkara

Jokowi Perintahkan Polri Dukung Agenda Nasional: IKN hingga Pemilu 2024

Afzal Nur Iman - detikJateng
Selasa, 05 Jul 2022 12:10 WIB
Semarang -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Polri harus mengawal agenda besar negara yang sedang dan akan berlangsung. Di antaranya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur hingga Pemilu serentak tahun 2024.

"Banyak agenda nasional lain yang harus didukung oleh Polri. Pertama pembangunan Ibu Kota Negara, pindah ibu kota adalah pindah cara kerja untuk membangun motor Indonesia ke depan. Polri harus mengawal agar dapat berjalan lancar dan tepat waktu," kata Jokowi dalam acara HUT Bhayangkara di Akpol, Semarang, Selasa (5/7/2022).

Kedua, yaitu agenda G20 yang sedang berlangsung hingga November mendatang. Jokowi, meminta kepolisian agar terus mengawal agenda tersebut hingga puncaknya saat KTT G20 di Bali.


"Puncaknya nanti adalah KTT G20 di bulan November di Bali yang akan dihadiri oleh kepala negara anggota G20," lanjutnya.

Terakhir, yaitu agenda pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan serentak di tahun 2024.

"Pileg, Pilpres, dan Pilkada serentak tahun 2024 harus diantisipasi dengan baik berikan dukungan kamtibmas secara maksimal agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan baik," katanya.

Jokowi juga mengingatkan agar Polri agar terus siaga dalam penanganan COVID-19, waspada terhadap krisis dan siap dalam menghadapi ancaman keamanan berbasis teknologi.

"Polri harus memastikan Kamtibmas agar kita lebih kokoh dalam menghadapi tantangan-tantangan ini. Ketiga, kita harus semakin siap dalam menghadapi ancaman teknologi terbaru," katanya.

"Oleh sebab itu Polri harus lebih maju dibandingkan pelaku kejahatan. Polri harus terus berinovasi dan meningkatkan penguasaan teknologi," imbuhnya.

(rih/mbr)