Ki Nartosabdo Jadi Nama Jalan di Kota Semarang, Ini Lokasinya

Ki Nartosabdo Jadi Nama Jalan di Kota Semarang, Ini Lokasinya

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Rabu, 29 Jun 2022 09:56 WIB
Peresmian Jalan Ki Nartosabdo di Semarang, 29 Juni 2022
Jalan Ki Nartosabdo. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikJateng)
Semarang -

Penghormatan kepada dalang legendaris, Ki Nartosabdo kembali diberikan di Kota Semarang. Setelah ada monumen Ki Nartosabdo, kini nama maestro seni tradisi tersebut digunakan untuk nama jalan.

Jalan tersebut dimulai dari monumen Ki Nartosabdo yang diresmikan 30 Maret 2021 lalu atau mulai dari Hotel Metro atau depan Aloon-Aloon Semarang, melewati Pasar Johar hingga traffic light simpang pekojan.

"Dari perempatan Hotel Metro sampai perempatan Pekojan. Sekitar 800 meteran hari ini diubah, kita penggal dari Jalan Agus Salim menjadi Jalan Ki Nartosabdo sebagai penghargaan kita terhadap tokoh nasional," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, saat meresmikan nama jalan tersebut, Rabu (29/6/2022).


Hendi, demikian politikus PDIP tersebut akrab disapa, menjelaskan pergantian nama jalan tersebut diupayakan tidak merepotkan warga hingga harus ganti nama alamat di kependudukan karena merupakan kawasan pertokoan. Ia menegaskan pemerintah akan membantu jika ada warga yang harus menyesuaikan data kependudukannya.

"Pasti ada perubahan administrasi, kita harap masyarakat lakukan komunikasi. Nanti untuk bisa penyesuaian kepada dokumen," jelasnya.

Terkait pemilihan nama Ki Nartosabdo sebagai nama jalan, Hendi menegaskan merupakan bentuk penghormatan dan ini bukan pertama kalinya karena Semarang juga sudah punya gedung Ki Nartosabdo di Taman Budaya Raden Saleh.

"Kita juga sudah buat patung, kemudian ada gedung di TBRS yang akan kita bangun lagi agar bisa jadi gedung seni bertaraf internasional," jelas Hendi.

Dalam peresmian tersebut turut hadir pihak kerabat Ki Nartosabdo yaitu Djarot Sabdono dan Danang Respati Puguh.

Untuk diketahui Ki Nartosabdo merupakan maestro kelahiran Klaten, 25 Agustus 1925 dan meninggal di Semarang, 7 Oktober 1985. Ki Nartosabdo dikenal luas sebagai seniman serba bisa. Selain dikenal sebagai dalang wayang kulit ternama, Ki Nartosabdo menciptakan puluhan gending-gending Jawa berbagai ragam yang sangat terkenal lintas masa dan generasi.



Simak Video "Diguyur Hujan, Kota Lama Semarang Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/sip)