Rabu Pahing Besok Baik untuk Cari Orang, Jadi Reshuffle Pak Jokowi?

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Selasa, 14 Jun 2022 16:24 WIB
Presiden Jokowi kembali menegur keras menteri-menterinya di Kabinet Indonesia Maju. Terbaru di sidang kabinet paripurna kemarin. Sinyal reshuffle?
Kabinet Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)
Solo -

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju semakin kencang berhembus dan dikabarkan akan dilakukan besok, Rabu (15/6). Menurut perhitungan penanggalan Jawa, hari Rabu Pahing dengan wuku Kuningan besok bersifat baik untuk mencari orang.

Dilansir detikNews, Ketua DPP PKB Faisol Riza mengungkapkan mendengar kabar Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle pada 15 Juni. Di kalender penanggalan Jawa, 15 Juni jatuh pada Rabu Pahing. Untuk diketahui, Presiden Jokowi akrab dengan reshuffle kabinet pada hari Rabu.

"Sempat dengar," kata Faisol Riza menjawab pertanyaan soal kabar reshuffle kabinet 15 Juni, Selasa (7/6).


Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo pun mendengar hal yang sama. Dradjad mengatakan 15 Juni diperkirakan menjadi tanggal pilihan Jokowi me-reshuffle kabinet lantaran jatuh pada Rabu Pahing. Sekadar diketahui, Jokowi memang terbiasa melakukan reshuffle kabinet pada Rabu Pon atau Pahing.

"Memang akhir-akhir ini di kalangan elite politik beredar spekulasi bahwa Rabu, 15 Juni ini, Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet. Kebetulan tanggal 15 ini jatuh Rabu Pahing, Wuku Kuningan," kata Drajad.

Sementara itu, ahli penanggalan Jawa dari Museum Radya Pustaka Solo, Ki Totok Yasmiran, menjelaskan secara rinci sifat-sifat hari, weton, maupun wuku untuk besok. Rabu Pahing besok bertepatan dengan tanggal 15 Dulkangidah 1955, Tahun Alip, Windu Sancaya dan Wuku Kuningan.

Sifat hari Rabu Pahing

"Weton Rabu Pahing memiliki neptu 16. Pada umumnya, pemilik weton ini bersikap hati-hati tak suka mencampuri urusan orang lain. Akan tetapi terkadang juga muncul sifatnya yang serakah," kata Totok saat dijumpai di Museum Radyapustaka, Selasa (14/6/2022).

Pangarasan pada weton ini adalah lakuning banyu. Tenang, selalu mengalir ke tempat yang rendah, karena tahu persis dimana akan mendapatkan rezekinya, memiliki perencanaan yang matang.

"Jadi kalau merencanakan sesuatu di hari besok itu baik, mudah mendapatkan rezeki," ujarnya.

Sedangkan Pancasuda-nya ialah Wasesa Segara. Ini dapat dimaknai bahwa watak positifnya bagaikan lautan. Selain itu sifat pemurah, pemaaf, berwibawa, berwawasan luas dan bertanggung jawab mendominasinya.

"Sifat segara atau lautan itu amot ujar ala becik, artinya jika dicaci tidak benci, jika disanjung tidak sombong," ungkapnya.

Sifat wuku

Wuku Kuningan, berlambang dewa Bathara Endra yang memiliki kelebihan dan keluhuran, tinggi derajatnya. Pohonnya Wijayakusuma, berwajah tampan rupawan, tapi tidak suka di keramaian.

Burungnya urang-urangan, serba cepat dalam bekerja, tetapi pelit. Bagaikan air terjun, banyak bicara , banyak bohongnya, jika di berikan nasihat atau masukan tidak diterima.

Lambangnya lata paruthul atau batang pohon yang patah, wataknya cenderung melarat dan mudah terserang penyakit. Bahayanya jika diamuk.

Kala ada di selatan, maka selama tujuh hari di wuku ini tidak baik pergi ke arah selatan untuk aktivitas yang sangat penting.

Sifat Rabu Pahing di wuku Kuningan

Sedangkan watak untuk Rabu Pahing di wuku Kuningan besok ialah waktu tepat untuk mencari orang yang hilang.

"Secara umum hari Rabu Pahing di wuku Kuningan besok itu bagus untuk mencari orang yang hilang. Atau bisa juga diartikan bagus untuk memilih seseorang," pungkasnya.



Simak Video "Direktur IPO: Reshuffle Kali Ini Akomodasi Politik"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/mbr)