TPA Troketon Klaten Terancam Overload, Diprediksi Penuh 4 Tahun Lagi

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Senin, 13 Jun 2022 18:50 WIB
TPA Troketon di Kabupaten Klaten.
TPA Troketon di Kabupaten Klaten. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Klaten -

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Troketon, Kabupaten Klaten, kini sudah terancam overload. Masa operasional satu-satunya TPA di Klaten itu diprediksi tinggal 4 tahun lagi.

"Kita estimasi, dengan kondisi saat ini, estimasinya lahan kita hanya bisa digunakan tinggal empat tahun di TPA Troketon. Maka kita butuh beberapa solusi," jelas Pj Sekda Kabupaten Klaten, Jajang Prihono kepada detikJateng di pendapa Pemkab Klaten usai rapat koordinasi, Senin (13/6/2022).

Menurutnya, kondisi di TPA tersebut saat ini sudah hampir penuh. Sedangkan sampah yang setiap hari masuk ke TPA tersebut mencapai 95 ton per hari.


"Kalau masih dengan kondisi seperti sekarang 95 ton lebih sekian per hari umurnya (TPA) hanya tinggal empat tahun. Maka butuh intervensi," terang Jajang.

Menurutnya, Pemkab Klaten saat ini masih mencari solusi untuk mengatasi persoalan sampah itu. Salah satu yang dipersiapkan adalah dengan pemanfaatan teknologi pengolahan sampah.

"Teknologi pengelolaan sampah harus betul-betul kita dorong," kata Jajang.

Namun demikian, lanjutnya, pemanfaatan teknologi pengolah sampah tidak bisa menjadi solusi permanen. Cara itu hanya bisa digunakan untuk memperpanjang masa operasional TPA.

Adapun upaya untuk mencari lahan baru untuk penampungan sampah harus dilakukan. Menurut Jajang, pihaknya membutuhkan lahan seluas 12 hektare untuk keperluan itu.

"Itu kita hanya berhitung dulu mengantisipasi lah. Apakah pengadaan akan bertahap atau di mana belum sampai ke itu, kita hanya warning saja dalam rapat evaluasi," imbuh Jajang.



Simak Video "Pemkot Solo Sulap Sampah Jadi Pembangkit Tenaga Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)