Greysia Polii Pamit, Sampaikan Untaian Rasa dan Asa untuk Bulutangkis RI

Tim detikSport - detikJateng
Minggu, 12 Jun 2022 16:02 WIB
Pebulu tangkis Indonesia, Greysia Polii resmi gantung raket alias pensiun sebagai atlet profesional pada usianya yang kini menginjak 34 tahun. Perpisahannya begitu mengharukan, Minggu, 12/6/2022.
Momen Haru Perpisahan Greysia Polii di Istora Senayan (Foto: Grandyos Zafna)
Solo -

Greysia Polii resmi mengumumkan pensiun sebagai atlet bulutangkis Indonesia hari ini. Momen pamitannya di Istora Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pun berlangsung haru namun seru.

Dikutip dari detikSport, Minggu (12/6/2022), acara perpisahan Greysia Polii dibuka dengan penampilan penyanyi Raisa dan digelar sebelum final Indonesia Masters 2022. Acara bertajuk 'Testimonial Day Greysia Polii' ini juga menyertakan laga ekshibisi yang menampilkan Greysia bersama rekan-rekan pebulutangkis dari dalam dan luar negeri.

Dalam kata-katanya, Greysia bernostalgia ketika pertama kalinya bermain di Istora pada 2001 silam. Kala itu, Greysia menyebut mimpinya baru dimulai.


"Saya juga masih ingat pada 2008, tempat ini menjadi tempat yang memorable buat saya karena tim Uber Indonesia bisa masuk final padahal tidak diunggulkan," kenang Greysia.

Dia juga mengenang momen ketika berlaga dengan partnernya Apriyani Rahayu dan sukses juara di Olimpiade Tokyo 2020. Dia pun menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi tersebut.

"Belasan tahun berikutnya, saya terus lalui tapi mimpi untuk menjadi juara di kandang sendiri itu tak pernah tercapai. Sampai akhirnya pada 2020, saya bisa juara bersama Apriyani di tempat ini," terang dia.

"Saya berterima kasih kepada Tuhan, saya dikasih kesempatan juara. Cuma satu kali. Tapi itu momen berharga buat saya sebelum saya berhenti menjadi atlet. Nggak pernah terbayangkan saya pernah melangkah sejauh ini," sambung dia.

Greysia Polii menyebut perjalanan karier selama 30 tahun diwarnai dengan jatuh bangun hingga nyaris ingin berhenti. Namun itu semua berhasil dia lewati.

"Hari demi hari saya terus memaksakan diri untuk setia untuk memberikan paling terbaik yang saya bisa. Terima kasih Tuhan untuk kenangan akhir yang manis," ujar Greysia.

"Makanya saya sungguh bersyukur kepada Tuhan untuk memberikan kepada saya orang yang selalu percaya kemampuan saya yang nggak pernah menyerah. Bahkan, di saat saya tidak pernah memberikan hasil terbaik bertahun-tahun, tapi karena mereka lah orang-orang yang percaya kepada saya, saya bisa bertahan dan raih banyak prestasi di penghujung karier saya," terang Greysia.

Dalam momen itu pula Gresyia juga mengucapkan terima kasih kepada orang-orang tercintanya, yaitu mama dan suaminya.

"Saya ingin berterima kasih kepada Tuhan Yesus yang selalu berikan kekuatan pada saya. Saya ingin berterimakasih kepada mamah saya. Dukungan mamah yang luar biasa, 'Akhirnya ya mah mimpi kita tercapai'." kata Greysia.

"Saya ingin juga berterima kasih kepada mantan pacar saya, suami saya tercinta, Felix, yang selalu memberikan cinta ekstra, dan dukungan apapun yang terjadi. Dia adalah laki-laki yang beruntung sampai mau sabar sampai emas olimpiade datang. Dan juga terima kasih karena di tengah-tengah kesibukannya mau mengurus acara ini. Jadi, saranghae!" ucap Greysia.

Pebulu tangkis Indonesia, Greysia Polii resmi gantung raket alias pensiun sebagai atlet profesional pada usianya yang kini menginjak 34 tahun. Perpisahannya begitu mengharukan, Minggu, 12/6/2022.Pebulu tangkis Indonesia, Greysia Polii resmi gantung raket alias pensiun sebagai atlet profesional pada usianya yang kini menginjak 34 tahun. Greysia Polii dan rekan-rekannya sesama pebulutangkis dalam dan luar negeri, Minggu, 12/6/2022. Foto: Grandyos Zafna

Tak lupa Greysia Polii juga menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekannya di bulutangkis, terkhusus Apriyani Rahayu. Pasangannya yang sukses mengakhiri karier Greysia dengan menjadi juara Olimpiade Tokyo 2022 sekaligus mengukir sejarah untuk ganda putri Indonesia.

"Kepada Apriyani Rahayu, kamu adalah yang terbaik. Dia mau aja dikomentari sama saya, dia mau aja nurut sama saya, saya juga bingung. Tapi terima kasih karena kehadiran dia itu yang membuat saya terinpirasi, berlatih kembali walaupun di usia tak lagi muda," tuturnya.

"Lima tahun ini adalah lima tahun berharga buat saya. Saya juga banyak belajar dari Apriyani. Terima kasih untuk prestasinya, itu sudah sangat banyak. I Love you, sis, I love you so much," ucap Greysia.

Greysia pun menyampaikan terima kasihnya kepada warga Indonesia yang selalu mendukungnya dan para atlet lainnya. Dia menyampaikan harapannya agar selalu ada bibit baru dalam bulutangkis Indonesia.

"Saya saat ini akan berhenti bertanding sebagai atlet tapi hati saya akan selalu mencintai bulutangkis. Saya berdoa buat generasi baru ini akan mencatat banyak kemenangan serta prestasi yang lebih besar lagi bagi bangsa Indonesia," ucap Greysia.

Greysia lantas mengakhiri sambutannya dengan kutipan, "Bakat dan talenta bisa membawa kita ke puncak, tapi karakter yang akan mempertahankan itu. Karena kemenangan kita adalah kemenangan bangsa Indonesia," tutup Greysia.



Simak Video "#TerimaKasihGreysiaPolii Menggema di Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)