Banjir Rob Semarang

Melihat Pembuatan Tanggul Darurat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Afzal Nur Iman - detikJateng
Rabu, 25 Mei 2022 17:26 WIB
Proses pembuatan tanggul darurat di area Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (25/5/2022).
Proses pembuatan tanggul darurat di area Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (25/5/2022). (Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng)
Semarang -

Petugas gabungan masih terus mengebut proses perbaikan tanggul jebol yang jadi salah satu penyebab banjir rob ekstrem di pesisir Semarang. Pekerja lapangan bahkan harus berjam-jam menceburkan diri di laut demi membuat tanggul darurat dari tumpukan karung berisi pasir.

Pantauan detikJateng sekitar pukul 13.00 WIB, terlihat di sana ada pekerjaan itu dimulai dari mengarungkan pasir-pasir ke dalam karung yang dilakukan di Tambaklorok, Tanjung Mas, Semarang, tepatnya di depan Kampung Bahari Nusantara. Karung-karung itu, lalu diangkut dengan perahu nelayan ke titik-titik tanggul yang jebol.

Ada belasan petugas yang ada di Tambaklorok. Ada petugas berseragam PUPR, TNI, hingga BPBD.

Para nelayan yang kapalnya digunakan untuk mengangkut pasir pun terlihat turut membatu para petugas memindahkan karung pasir ke kapal. Tumpukan karung pasir sendiri sudah tersedia di sekitar tempat kapal bersandar.

Siang ini ada sembilan kapal yang tersedia untuk mengangkut karung-karung pasir itu. Per kapal bisa mengangkut 60-70 karung pasir tergantung ukuran kapal dan karung pasirnya.

Jarak antara lokasi karung pasir dan lokasi tanggul sendiri membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Di lokasi tanggul jebol, pekerja lain sudah sedia untuk menerima karung pasir dan menatanya.

Pekerja itu, nampak sudah basah kuyup karena posisi tanggul darurat itu belum sepenuhnya menyamai tinggi muka air laut. Setidaknya, setiap kapal datang mereka harus menceburkan diri ke laut.

Kepala BBWS Pemali Juana, Adek Rizaldi menargetkan pengerjaan itu selesai hari ini. Kini, pihaknya juga mulai mengerahkan karung-karung pasir melalui area dalam pelabuhan.

Proses pembuatan tanggul darurat di area Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (25/5/2022).Proses pembuatan tanggul darurat di area Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (25/5/2022). Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng

"Kemudian dari PU kota juga mulai menerobos dari dalam kawasan, jadi menggunakan truk cukup tinggi sehingga bisa masuk, jadi kita keroyok ini," kata Adek ditemui detikJateng di lokasi, Rabu (25/5/2022).

Ada dua lokasi yang saat ini sedang dikebut. Pertama di Tanjung Mas, dan di sekitar pabrik Fuji Metec. Sedangkan, satu tanggul di Bandarharjo yang jebol sudah selesai ditambal kemarin.

"Kalau di Bandarharjo tadi kurang lebih 15 sampai 20 meter itu sudah kita tangani siang-siang (kemarin), kita menggunakan sandbag kira-kira 1.000 unit. Kemudian yang kedua di Tanjung Mas yang ini nih, ini kurang lebih panjangnya 20 meter, terus tadi pagi kita menemukan lagi di Fuji Metec itu sekitar 10 meter," jelasnya.



Simak Video "Lagi! Banjir Rob Rendam Pelabuhan Semarang, Tinggi Air Capai 1 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)