5 Fakta Kebakaran Hanguskan Rumah Liar di Juwana Pati

Tim detikJateng - detikJateng
Senin, 23 Mei 2022 06:03 WIB
Suasana jalan pantura menuju Alun-alun Juwana, Pati, Minggu (22/5/2022) pagi.
Suasana jalan pantura menuju Alun-alun Juwana, Pati, Minggu (22/5/2022) pagi. (Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng)
Solo -

Sejumlah rumah yang merupakan hunian liar di bawah Jembatan Juwana Pati, Jawa Tengah hangus terbakar. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Asal api yang membakar rumah bedeng di bawah Jembatan Juwana ini diketahui berasal dari korsleting listrik. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (22/5) dini hari pukul 03.05 WIB.

Dirangkum detikJateng, berikut fakta-fakta kebakaran tersebut:

Api menghanguskan 10 rumah

Kepala Satpol PP Pati Sugiyono mengatakan ada 10 rumah bedeng atau rumah semi permanen yang terbakar pada pukul 03.05 WIB. Koabaran api sempat membesar hingga akhirnya berhasil dipadamkan pukul 04.29 WIB.

"Yang terbakar ada 10 rumah bedeng," kata Sugiyono saat dimintai konfirmasi, Minggu (22/5/2022).

Kebakaran diduga karena korsleting

Sugiyono menyebut kebakaran ini diduga karena korsleting lisrik. Pihaknya pun mengerahkan tim damkar induk Pati, damkar Garuda, Alkon Polsek Juwana untuk memadamkan api.

"Disebabkan karena korsleting jaringan listrik. Tidak ada korban jiwa," terang dia.

Kerugian capai ratusan juta rupiah

Sugiyono memprediksi kerugian akibat kebakaran ini mencapai ratusan juta rupiah. "Kerugian diperkirakan mencapai Rp 250 juta," terangnya.

Besi penyangga Jembatan Juwana sempat panas

Kasi Humas Polres Pati Iptu Sukarno mengatakan imbas kebakaran itu berdampak pada penyangga jembatan menjadi panas. Oleh karena itu pihaknya melakukan pengalihan arus lalu lintas (lalin).

"Untuk sementara sambil menunggu besi penyangga jembatan dingin (kondisi saat ini masih panas) untuk arus lalu lintas dialihkan ke jalan lingkar Juwana (contra flow)," terang Sukarno kemarin.

"Setelah besi penyangga jembatan dingin, akan kita coba untuk arus lalu lintas dinormalkan kembali lewat jembatan tersebut," sambungnya.

Lalin sempat macet

Akibat pengalihan arus ini terjadi kepadatan di sekitar lokasi. Pantauan pada Minggu (22/5) pukul 07.30 WIB kemarin, terjadi antrean kendaraan dari arah barat Pantura Pati menuju Rembang sepanjang sekitar 500 meter.

Penyebabnya kendaraan yang semula melintas di Jembatan Juwana sebelah utara untuk sementara dialihkan melintas di lajur bagian selatan. Sementara arus lalu lintas dari barat yang melintas Jembatan Juwana sebelah utara ditutup pascakebakaran di rumah bedenga itu.



Simak Video "Polisi Ciduk Pria Ngaku Anggota Brimob Tipu Janda di Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)