Terpopuler Sepekan

Kisah Tragis Wanita Grobogan Tewas Tergilas Truk di SPBU

Tim detikJateng - detikJateng
Minggu, 22 Mei 2022 14:15 WIB
Truk yang menabrak korban diamankan di Mapolsek Tanggungharjo, Grobogan, Kamis (19/5/2022) siang.
Truk yang menabrak korban diamankan di Mapolsek Tanggungharjo, Grobogan, Kamis (19/5/2022) siang. Foto: Manik Priyo Prabowo/detikJateng
Grobogan -

Seorang wanita tertabrak dan terseret truk di dalam kompleks SPBU Kaliceret, Grobogan, Kamis (19/5/2022). Video kejadian tersebut menyebar melalui jejaring media sosial.

Video tersebut memperlihatkan seorang wanita yang sedang menunggu seseorang yang sedang mengisi BBM. Dia sedang berdiri sambil memegang sesuatu yang diduga handphone.

Tiba-tiba, sebuah truk berwarna hijau melaju dari arah belakang korban. Truk tersebut langsung menabrak korban hingga terseret beberapa meter. Setelah itu, barulah truk itu berhenti.

Sedangkan tubuh korban tergeletak tanpa bergerak. Setelah itu, terlihat seorang pria berlari ke arah korban kemudian menggendong tubuhnya.

Di dalam video berdurasi 29 detik itu terdapat keterangan bahwa lokasi kejadian berada di SPBU Kaliceret. Diduga video itu merupakan rekaman CCTV.

Saat dihubungi, Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP Sri Martini membenarkan adanya kejadian kecelakaan tersebut.

"Kejadian laka (kecelakaan) tadi siang," kata Sri Martini saat dihubungi detikJateng, Kamis (19/5/2022).

Dia menjelaskan, lokasi kecelakaan itu termasuk kecelakaan khusus karena tidak terjadi di jalan raya. Selanjutnya penanganannya dilakukan oleh Satreskrim.

"Kita (Satlantas) tidak menangani perkaranya karena masuk kecelakaan khusus," kata Sri Martini.

"Saya belum memperoleh data terbaru kondisi korban. Silahkan hubungi Satreskrim supaya bisa menjelaskan lebih rinci," lanjutnya.

Dari penelusuran detikJateng, wanita itu bernama Rizka Choirotun Faizah (19), pelajar asal Desa Kropak, Wirosari, Grobogan.

Seorang warga di SPBU Kaliceret mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu korban berdiri tak jauh dari mesin dispenser BBM, sedang menunggu seseorang yang sedang mengisi BBM dengan sepeda motor.

"Kemudian ada truk yang putar balik dan melaju kencang. Tiba-tiba truk itu menabrak korban dari belakang," kata warga yang meminta tidak disebutkan identitasnya itu.

"Setelah tertabrak, korban jatuh dan langsung terlindas punggungnya oleh roda depan truk dan terlindas kakinya oleh roda belakang truk," imbuh warga yang menyaksikan langsung peristiwa itu.

Saat kejadian, warga tersebut juga sedang berada di SPBU Kaliceret. Korban sempat terseret beberapa meter. Setelah itu, truk yang menabraknya berhenti. Kemudian, seseorang yang sedang ditunggu korban ketika mengisi BBM segera menghampiri dan menggendongnya. Korban lalu di bawa ke RSU PKU Muhammadiyah Gubug.

"Awalnya korban dibawa ke PKU Gubug dan dirujuk ke Solo. Sampai di Solo korban tidak tertolong. Sopir truk yang menabrak sudah diperiksa di Polsek Tanggungharjo, namanya (inisial) D, warga sekitar Desa Kapung," kata Kapolsek Tanggungharjo AKP Winarno saat dihubungi detikJateng.

Winarno menambahkan, truk boks Mitsubishi berpelat nomor B 9174 RT yang menabrak dan melindas korban itu telah diamankan di Mapolsek Tanggungharjo sebagai barang bukti.

"(Usai diperiksa) Tersangka ke rumah duka. Sementara sedang didalami dan tunggu hasil penyelidikan," terang Winarno.

Pelaku diperiksa di Mapolsek Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jumat (20/5/) siang. Pelaku menjalani pemeriksaan dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Pelaku tampak keluar masuk Mapolsek Tanggung. Namun dirinya menghindar saat ditanyai oleh awak media.

"Iya tadi sempat diperiksa. Pelaku masih muda, celelekan (kurang serius) dan nggampangne (menyepelekan). Pelaku tidak memiliki SIM B juga," jelas Kanit Reskrim Polsek Tanggungharjo, Iptu Gunawan.

Gunawan melanjutkan, menurut hasil pemeriksaan, alasan pelaku memasuki SPBU itu ternyata bukan untuk mengisi bahan bakar. Dia hanya menumpang untuk putar balik.

Pelaku yang sering numpang putar balik di SPBU itu memacu truknya dengan kencang. Sehingga dirinya tidak melihat korban.

"Alasan pelaku saat itu hendak putar balik. Tapi kencang dan menabrak korban," kata Gunawan.

Usai diperiksa, polisi tidak menahan pelaku. Pelaku diperbolehkan pulang sambil menunggu upaya restorative justice.

"Supir sudah pulang usai diperiksa tadi. Akan diupayakan damai. Tapi pihak korban belum tahu apakah setuju atau tidak," lanjutnya.

"Umur pelaku inisial DDS, 17 tahun. Baru Juni nanti masuk 18 tahun," jelas Kanit Reskrim Polsek Tanggungharjo, Iptu Gunawan, Sabtu (21/5/2022).

Menurut polisi, kasus perkara kecelakaan maut yang terjadi di dalam area SPBU Kaliceret pada Kamis (19/5) itu adalah kecelakaan khusus. Sehingga, kasus ini ditangani Satreskrim.

Bahkan, pasal yang diterapkan juga masuk perkara tindak pidana. Yakni pasal 359 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun hukuman penjara.

"Pasalnya kita terapkan 359 hukum pidana. Meski demikian kita coba berkoordinasi dengan Jasa Raharja apakah (korban) bisa mendapatkan santunan kematian kecelakaan," terang Gunawan.



Simak Video "Momen Gibran Temui Crazy Rich Grobogan yang Bangun Jalan Rp 2,8 M"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)