Kebakaran Rumah Bikin Jembatan Juwana Pati Panas, Lalu Lintas Dialihkan

Dian Utoro Aji - detikJateng
Minggu, 22 Mei 2022 09:43 WIB
Suasana jalan pantura menuju Alun-alun Juwana, Pati, Minggu (22/5/2022) pagi.
Suasana jalan pantura menuju Alun-alun Juwana, Pati, Minggu (22/5/2022) pagi. Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng
Pati -

Sebanyak 10 rumah yang merupakan hunian liar di bawah jembatan Juwana, Desa Doropayung, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terbakar dini hari tadi. Arus lalu lintas (lalin) di Jembatan Juwana sempat dialihkan untuk sementara.

Pantauan di jalan Pantura Juwana mengalami kepadatan, Minggu (22/5) pukul 07.30 WIB. Kepadatan terutama dari arah barat, Pantura Pati menuju Rembang. Kepadatan antrean kendaraan terjadi sekitar 500 meter.

Sebab kendaraan semula melintas di Jembatan Juwana sebelah utara, sementara dialihkan melintas di lajur bagian selatan. Sementara arus lalu lintas dari barat yang melintas Jembatan Juwana sebelah utara ditutup pascaterjadi kebakaran rumah hunian liar tersebut.

Kasi Humas Polres Pati, Iptu Sukarno mengatakan lalu lintas di Jembatan Juwana dialihkan karena penyangga jembatan masih panas imbas kebakaran rumah hunian liar yang ada di bawahnya. Jika kondisi penyangga jembatan sudah dingin, lalu lintas akan dinormalkan kembali.

"Untuk sementara sambil menunggu besi penyangga jembatan dingin (kondisi saat ini masih panas) untuk arus lalu lintas dialihkan ke jalan lingkar Juwana (Contra flow)," terang Sukarno dimintai konfirmasi detikJateng lewat pesan singkat, Minggu (22/5/2022) pagi.

"Setelah besi penyangga jembatan dingin, akan kita coba untuk arus lalu lintas dinormalkan kembali lewat jembatan tersebut," sambung dia.

Relawan Kembang Joyo, Pati, Rian mengatakan untuk kebakaran sudah dipadamkan. Ada sebanyak 10 rumah yang terbakar diduga karena terjadi korsleting.

"Sudah padam, itu kejadian sudah dini hari tadi," ujar Rian dihubungi lewat sambungan telepon, .

Menurutnya, untuk sementara waktu lalu lintas di Jembatan Juwana ini dialihkan ke lajur jembatan bagian selatan.

"Dialihkan ke arah selatan melewati yang selatan (jembatan) menjadi dua jalur," tambah dia.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 10 rumah yang merupakan hunian liar di bawah Jembatan Juwana, Desa Doropayung, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terbakar dini hari tadi.

"Telah terjadi kebakaran rumah bedeng di Desa Doropayung Kecamatan Juwana yang tepatnya di bawah jembatan Juwana bagian utara," jelas Kepala Satpol PP Pati, Sugiyono saat dimintai konfirmasi detikJateng lewat pesan singkat, Minggu (22/5).

Sugiyono mengatakan ada sebanyak 10 rumah bedeng atau rumah semi permanen itu terbakar pada pukul 03.05 WIB. Kobaran api pun sempat membesar hingga akhirnya dipadamkan sekira pukul 04.29 WIB.

"Informasi jam 03.05 WIB. Selesai pemadaman 04.29 WIB. Yang terbakar ada 10 rumah bedeng," jelas dia.

"Tim damkar induk Pati bersama, damkar Garuda dan Alkon Polsek Juwana turut memadamkan segera berangkat ke lokasi," sambung Sugiyono.

Menurutnya kebakaran diduga disebabkan karena korsleting.

"Disebabkan karena korsleting jaringan listrik. Tidak ada korban jiwa, kerugian diperkirakan mencapai Rp 250 juta," pungkas Sugiyono.

Sebagai informasi, di bawah Jembatan Juwana banyak digunakan sebagai hunian liar oleh warga yang membuat rumah bedeng atau rumah semi permanen. Adapun kebakaran itu menimpa sebagian dari rumah bedeng yang ada di tempat itu.



Simak Video "Kebakaran Pabrik Plastik di Pati, Asap Membubung Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)