Ada Ribuan Loker di Job Fair Virtual Wonogiri Lur, Begini Cara Daftarnya

Muhammad Aris Munandar - detikJateng
Selasa, 17 Mei 2022 12:44 WIB
Ilustrasi Lowongan Kerja
Foto: Ilustrasi Lowongan Kerja (Luthfy Syahban/detikcom)
Wonogiri -

Pemerintah Kabupaten Wonogiri menggelar job fair atau bursa kerja secara virtual. Job fair diikuti oleh puluhan perusahaan dengan jumlah lowongan kerja (loker) mencapai ribuan lowongan.

"Job fair digelar secara virtual karena masih pandemi COVID-19. Sebelum pandemi selalu luring. Pelaksanaannya selama empat hari, mulai 17-20 Mei," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Wonogiri, Ristanti, kepada detikJateng di ruang kerjanya, Selasa (17/5/2022).

Ristanti menjelaskan, job fair kali ini diikuti oleh 25 perusahaan lokal, regional maupun nasional. Sementara itu jumlah lowongan kerja yang tersedia sebanyak 2.241 lowongan dengan jumlah jabatan sejumlah 49 jenis.


"Dengan adanya dampak COVID-19 ini tidak semua perusahaan menambah karyawan. Memang sulit cari loker. Biasanya (sebelum pandemi) setiap job fair ada 15.000 hingga 20.000 loker. Tapi kali ini paling tidak dengan loker yang ada siswa yang lulus SMK atau SMA tahun ini bisa ikut," ungkap dia.

Ristanti menyebut jumlah lulusan SMK di Wonogiri setiap tahun sekitar 7.000 orang. Sementara itu lulusan SMA sekitar 5.000 orang. Jika setengah dari lulusan SMA tidak melanjutkan kuliah, maka ada 2.500 lulusan SMA yang langsung mencari kerja. Menurutnya, siswa yang baru lulus harus segera didorong untuk masuk ke dunia kerja.

Ristanti menuturkan, link lamaran yang digunakan pada job fair kali ini menggunakan link milik Kementerian Ketenagakerjaan. Adapun alamat link tersebut yakni jobfair.kemenaker.go.id.

"Karena virtual, peserta yang ingin apply lamaran kerja harus masuk ke akun melalui link yang disediakan. Lewat link itu akan terlihat perusahaan dan posisi yang ditawarkan. Jika peserta sudah melamar, perusahaan akan segera memproses dan seleksi. Jika lolos akan dipanggil untuk rekrutmen," ujar dia.

Menurut Ristanti, pada Selasa pagi ini sudah ada 250 orang yang masuk atau log in untuk melamar kerja melalui link yang digunakan pada job fair. Dimungkinkan peserta akan terus bertambah mulai hari ini.

"Tantangan kami saat job fair virtual ini terkait pemahaman peserta tentang digitalisasi. Tahun kemarin itu banyak sekali pertanyaan terkait proses lamaran. Pemahaman tentang IT masih kurang, karakter tentang digital kurang. Kemudian kami tekankan apa pun jurusannya harus paham digital, karena ke depan sebagian pekerjaan pekerjaan berbasis digital," kata dia.

Lebih lanjut, Ristanti menyampaikan terkait kondisi ketenagakerjaan di Wonogiri. Saat ini penduduk usia kerja sebanyak 783.993 jiwa dengan angkatan kerja sebanyak 573.025 orang.

Sementara itu angka penganggur terbuka sebesar 13.932 orang. Tingkat partisipasi angkatan kerja sebesar 73,69 persen dan tingkat pengangguran terbuka sebesar 2,43 persen.

"Wonogiri mempunyai 231.018 anak Generasi Z (39,85 persen) dan 128.436 anak Generasi Alpha (22,15 persen) yang perlu dikelola dengan benar. Sehingga ke depan ketika mereka memasuki dunia kerja sudah mempunyai kompetensi handal," pungkas Ristanti.



Simak Video "Lembut Nan Lezat, Menikmati Sayur Lombok Tempe Mlanding Wonogiri"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/rih)