Gunung Merapi Cerah Pagi Ini Lur...

Gunung Merapi Cerah Pagi Ini Lur...

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Selasa, 17 Mei 2022 10:29 WIB
Gunung Merapi dilihat dari kecamatan Ngawen dan Klaten Selatan, Selasa (17/5/2022).
Gunung Merapi dilihat dari kecamatan Ngawen dan Klaten Selatan, Selasa (17/5/2022). (Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng)
Klaten -

Kawasan puncak Gunung Merapi terlihat cerah pagi ini. Gunung aktif tersebut bisa dilihat dengan mudah menggunakan mata telanjang dari berbagai wilayah.

Pantauan detikJateng dari Kecamatan Ngawen, Selasa (17/5/2022), pukul 08.00 WIB, gunung yang pernah erupsi hebat 2010 itu tampak biru. Tak hanya itu Gunung Merbabu di sampingnya juga tampak jelas.

Tidak tampak ada awan atau kabut di sekelilingnya. Hamparan sawah, tegalan dan permukiman di dataran rendah juga tampak jelas. Lekuk kontur punggung gunung juga mudah disaksikan.


Kawahnya sedikit mengeluarkan asap sulfatara. Warna rekahan kawah terlihat jelas mengarah ke selatan Gunung.

Dari Desa Trunuh, Kecamatan Klaten Selatan, gunung di perbatasan Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu pun terlihat gagah. Bentang sawah di daratan rendah tampak jelas.

Ketua RT 16 RW 6 Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Jenarto, mengatakan cuaca cerah hari ini juga terlihat di desa kawasan puncak. Sejak pagi tidak ada kabut dan awan.

"Cerahnya sejak pagi, jadi terlihat puncaknya. Situasi masyarakat juga aman dan landai," jelas Jenarto pada detikJateng, siang ini.

"Cuaca cerah, ini banyak orang hajatan. Kegiatan biasa saja," pungkas Jenarto.



Simak Video "Benda Asing Melintas di Atas Gunung Merapi Ternyata Satelit AS"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)