Dua Tahun Absen, Lampion Waisak Kembali Hiasi Langit Borobudur

Eko Susanto - detikJateng
Senin, 16 Mei 2022 20:49 WIB
Masyarakat menerbangkan lampion Waisak di Candi Borobudur, Senin (16/5/2022).
Masyarakat menerbangkan lampion Waisak di Candi Borobudur, Senin (16/5/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng
Magelang -

Setelah dua tahun absen, kini langit Borobudur kembali dihiasi ribuan lampion Waisak. Pelepasan lampion ini dilakukan dalam dua sesi.

Pantauan detikJateng, sejak sore peserta yang menerbangkan lampion telah berdatangan. Mereka datang dengan pakaian serba warna putih.

Adapun lokasi menerbangkan lampion ini berada di marga utama Candi Borobudur. Untuk itu, mereka yang ikut menerbangkan lampion bisa langsung melihat dari Candi Borobudur dari kejauhan.

Penerbangan lampion ini dilakukan dua sesi. Sebelum menerbangkan lampion, mereka melakukan meditasi dan doa bersama yang dipimpin bhante. Penerbangan pada sesi pertama sekitar pukul 19.17 WIB.

Salah satu peserta penerbangan lampion, Helisa Rachel Sianipar asal Jakarta mengaku bekerja sebagai dokter yang baru setahun bertugas di Jogja.

"Saya memang menunggu-nunggu untuk bisa datang ke acara pelepasan lampion. Sejak sebelum pandemi, terus pandemi ditiadakan, akhirnya diadakan lagi pas saya disini," katanya saat ditemui di Candi Borobudur, Senin (16/5/2022), malam.

Untuk itu, katanya, pelepasan lampion tidak dilewatkan.

"Saya dengar dari teman-teman ini adalah acara yang sangat tak bisa dilupakan," ujarnya.

Hal senada disampaikan penerbang lampion lainnya, Prisela Lilia. Ia mengaku senang sekali menerbangkan lampion ini.

"Ini baru setelah pandemi, baru bisa nerbangin lampion setelah dua tahun nggak bisa. Rasanya seneng banget, peace banget dan juga bisa ngerasain juga damai Waisak," tuturnya.

"Semoga bisa beli mobil baru," katanya seraya menyebut doa yang ditempelkan di lampion.



Simak Video "Jelang Libur Waisak, Kunjungan Wisatawan ke Bali Meningkat"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)