Terpopuler Sepekan

Bilqis Melejit Usai Tumbangkan Ratu Badminton Dunia

Tim detikJateng - detikJateng
Minggu, 15 Mei 2022 22:01 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Bilqis Prasista mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis tunggal putri Jepang Akane Yamaguchi dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas Uber 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Mantap! Bilqis Kalahkan Pemain Nomor 1 Dunia di Uber Cup 2022 (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Solo -

Pebulutangkis Bilqis Prasista di Uber Cup 2022 mencuri perhatian usai berhasil menumbangkan pemain dunia asal Jepang Akane Yamaguchi. Kemenangan Bilqis atas ratu badminton dunia itu pun menjadi kejutan manis bagi Indonesia.

Bilqis yang tahun ini masih di kategori junior ini pun memberikan kejutan saat berlaga melawan Akane di babak penyisihan grup A pada kejuaraan beregu putri di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5) lalu. Meski berada di peringkat 333 dunia, Bilqis mampu mengalahkan ratu badminton dunia Akane.

Bilqis menang dua game langsung atas juara dunia 2021 itu dengan skor 21-19, 21-19. Tapi yang membuat Bilqis semakin istimewa, ia menjadi satu-satunya pemain yang berhasil menyumbangkan poin untuk Indonesia.




Gen legenda badminton pasangan Joko Supriyanto-Selin Resiana ini pun menorehkan prestasi membanggakan bagi orang tua maupun klubnya, PB Djarum.

"Harapannya tentunya Bilqis bisa mendapatkan kesempatan lebih banyak lagi untuk tampil di dunia," jelas Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin dihubungi detikJateng lewat sambungan telepon, Kamis (12/5/2022) malam.

Yoppy berharap Bilqis bisa diberi kesempatan mengikuti kejuaraan dunia yang lebih banyak lagi. Dara berusia 19 tahun itu pun dinilai punya potensi bakat luar biasa.

"Bilqis itu pemain muda pelapis tunggal putri Indonesia. Dia masih usia 19 tahun. Ke depan dia menjadi salah satu andalan kita Indonesia untuk junior. Akhir tahun ini bulan Oktober. Potensinya sangat besar karena talentanya bagus, tinggal perlu penyempurnaan dari sudut fisik," jelas Yoppy.

"Ke depan paling dekat kejuaraan dunia junior baik beregu maupun perorangan. Salah satu andalan Bilqis. Kejuaraan dunia bulan Oktober 2022," sambung dia.

Ibu Bilqis Prasista, Zelin Resiana, Magelang, Rabu (11/5/2022).Ibu Bilqis Prasista, Zelin Resiana, Magelang, Rabu (11/5/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng

Pujian pun juga diberikan sang ibu, Zelin Resiana kepada putrinya. Zelin menyebut gaya bermain Bilqis yang tenang disebut mirip dengan suaminya Joko Supriyanto.

"Tenang. Kayak lemes, kayak nggak ada ekspresinya. Persis kayak bapaknya," kata Zelin saat ditemui di rumahnya Dusun Brontokan, Desa Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Rabu (11/5).

Sejak SD, kata Zelin, Bilqis menginginkan untuk ikut ayahnya di Jakarta. Sejak itu Bilqis dilatih secara intens hingga bergabung dengan PB Djarum Kudus semenjak SMA. Bilqis yang berhasil mengalahkan ratu badminton dunia pun mengabarkan kabar bahagia itu ke ibunya.

"Saya bilang kamu luar biasa, hebat. Nggak nyangka ternyata. Ya sebenarnya kamu punya kemampuan seperti ini. Ini modal terbesar kamu ke depan nanti. Teknis bagus kayak Pak Joko," tutur Zelin.

Kemenangan yang diraih itu diharapkan menjadi motivasi bagi Bilqis. Sang ibu pun mendoakan Bilqis tetap semangat dan bisa go international.

"Harapan saya, mudah-mudahan dari hasil ini bisa jadi motivasi buat anak saya untuk ke depannya nanti. Perjalanannya juga masih panjang. Ini kan baru awal. Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi buat dia untuk lebih ya tingkat internasional, tingkat dunia gitu. Bisa memotivasi dia untuk lebih gigih, usahanya lebih keras lagi," harap Zelin.

Sementara itu, Bilqis mengaku kerap mendapat motivasi khusus dari ibunya. Hal ini yang menjadi pelecutnya untuk ingin berprestasi melebihi capaian orang tuanya.

"Mama sudah kasih pesan untuk saya sebelum bertanding di sini. Katanya kalau main harus all out dan jangan mau kalah. Jadi mama suka bilang buktikan kalau saya bisa," kata Bilqis.

"Saya juga ingin melebihi pencapaian mama," ucap Bilqis.



Simak Video "Petugas KPK Ubek-ubek Kantor Pemkab Pemalang"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)