PB Djarum: Banyak Sosok Berpotensi Seperti Bilqis Prasista, tapi...

Dian Utoro Aji - detikJateng
Jumat, 13 Mei 2022 09:03 WIB
Bilqis Prasista curi atensi usai kalahkan Akane Yamaguchi. Namun langkahnya terhenti di Uber Cup 2022 usai takluk dari wakil China 21-19, 18-21 dan 7-21.
Bilqis Prasista di Uber Cup 2022. Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Kudus -

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Bilqis Prasista menarik perhatian usai mengalahkan pemain peringkat nomor satu dunia, Akane Yamaguchi, dalam gelaran Uber Cup 2022. PB Djarum menilai banyak sosok seperti Bilqis yang memiliki potensi bulu tangkis, hanya saja tinggal klub pandai-pandainya untuk menemukan dan melatih.

"Anak-anak seperti Bilqis ini banyak banget yang punya potensi ke depan. Kita harus pandai-pandai mencari, menemukan dan melatih dengan baik," ujar Yoppy kepada detikJateng, dihubungi lewat sambungan telepon, Kamis (12/5/2022).

Yoppy menilai potensi Bilqis ada sudah sejak 4-5 tahun lalu saat mengikuti audisi di PB Djarum Kudus. Menurutnya, secara teknis, Bilqis ini sosok pebulu tangkis yang luar biasa.


"Itu sih melihatnya Bilqis ini anak dari legenda tunggal putra kita Joko Supriyanto dan juga ganda putri Indonesia Zelin Resiana. Itu terkait dengan potensinya kita sudah melihat 4-5 tahun yang lalu pada saat mereka mengikuti audisi, secara teknisnya luar biasa," ujarnya.

"Tinggal kesempatan untuk tampil di turnamen, terakhir dia juara Banglades junior akhir tahun 2021. Ini dikasih kesempatan di Uber Cup 2022 ini kesempatan ini langka banget, ini kelihatan potensinya, semakin kelihatan potensinya," ungkap Yoppy.

Dia menilai Bilqis yang masih berusia 19 tahun, ke depan bisa menjadi andalan Indonesia di ajang internasional lainnya.

"Bilqis itu pemain muda pelapis tunggal putri Indonesia. Dia masih usia 19 tahun. Ke depan dia menjadi salah satu andalannya kita Indonesia untuk junior. Potensinya sangat besar karena talentanya bagus, tinggal perlu penyempurnaan dari sudut fisik," terang dia.

"Ke depan paling dekat kejuaraan dunia junior baik beregu maupun perorangan. Salah satu andalan Bilqis. Kejuaraan dunia perkiraan bulan Oktober 2022," pungkas Yoppy.

Untuk diketahui, pada fase grup ajang Uber Cup 2022 di Impact Arena, Bangkok, tim Indonesia finis di peringkat kedua setelah takluk dari Jepang 4-1 di babak terakhir Grup A, Rabu (11/5).

Kekalahan itu membuat Indonesia finis di peringkat kedua dan tetap berhak melaju ke babak 8 besar atau perempat final. Tapi walau kalah, Bilqis Prasista curi perhatian dunia!

Bilqis Prasista yang merupakan pemain berperingkat 333 dunia tampil gemilang di hadapan lawannya yang merupakan peringkat nomor satu dunia, Akane Yamaguchi. Pertarungan keduanya jadi suguhan pertama.

Bilqis tidak disangka, mampu menang dalam dua gim langsung, skornya sama 21-19 dan 21-19.

Sayangnya, perjuangan Bilqis usai pada gelaran Uber Cup 2022. Bilqis kalah dari He Bing Jiao di perempat final. Bilqis memenangi gim pertama 21-19, kalah 18-21 di gim kedua dan takluk 7-21 di gim ketiga.

Sebelumnya, Komang dan Febriana/Amalia kalah dari lawan-lawannya. Akhirnya, wakil Indonesia harus angkat koper lebih cepat dalam kompetisi Uber Cup 2022 ini.



Simak Video "Pandangan Taufik Hidayat Terkait Fenomena Selebriti Bulu Tangkis "
[Gambas:Video 20detik]
(rih/mbr)