Pemotor Berdaster di Tol Pekalongan Ternyata ODGJ, Keluarga Minta Maaf

Robby Bernardi - detikJateng
Rabu, 11 Mei 2022 18:18 WIB
Pemotor bernama Tutik (37) diketahui nekat ngebut di Tol Pekalongan hendak ke Jakarta, Rabu (11/5/2022) pukul 06.30 WIB. Tutik lalu dijemput kakaknya Husna (42)
Pemotor berdaster tanpa helm ngebut di Tol Pekalongan (Foto: Robby Bernardi/detikJateng)
Pekalongan -

Pemotor berdaster tanpa helm yang melaju di Tol Pekalongan ternyata orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Sang kakak, Husna (42), pun meminta maaf atas ulah adiknya yang bikin repot petugas tol.

"Saya berterimakasih pada petugas tol, pak polisi, pak trantib. Mohon maaf adik saya memang sudah lama ODGJ. Maaf merepotkan banyak orang," ujar Husna saat menjemput adiknya di GT Batang, Rabu (11/5/2022).

Husna mengatakan adiknya Tutik (37) sudah dua hari terakhir curi-curi kesempatan naik motor tanpa helm dan tidak berpamitan dengan keluarganya. Terakhir pagi tadi, saat adiknya pergi dengan motor tanpa pamit.

Informasi keberadaan adiknya pun baru dia terima dari pihak Polsek Pekalongan Selatan dan pihak Kecamatan Pekalongan Selatan. Dia akhirnya diantar trantib dan anggota Polsek Pekalongan Selatan untuk menjemput adiknya yang sudah diantar di GT Batang-Pekalongan.

"Sejak dua hari terakhir ini, adik saya tanpa pamitan keluar pagi sebelum subuh sampai sore, pakai motor ini. Kami tidak tahu keluarnya jam berapa. Termasuk tadi pagi subuh sudah keluar. Eh tidak tahunya masuk tol," ungkap Husna.

Pemotor wanita berdaster tanpa helm yang ngebut di Tol Pekalongan, Rabu (11/5/2022). Pemotor ini akhirnya bisa disetop karena kehabisan bensin.Pemotor wanita berdaster tanpa helm yang ngebut di Tol Pekalongan, Rabu (11/5/2022). Pemotor ini akhirnya bisa disetop karena kehabisan bensin. (Foto: dok PBTR)

Ketika ditanya petugas, Tutik mengaku hendak pergi ke Jakarta. Husna pun tidak tahu alasan adiknya hendak pergi ke Jakarta.

"Masuk lewat Pemalang katanya tadi. Ya, tujuannya Jakarta, bayangannya kan Jakarta dekat, maklum adik saya memang ODGJ," terang dia.

Setelah dijemput Husna, Tutik pun diantar petugas trantib pulang ke rumahnya di Kecamatan Pekalongan Selatan. Sementara Husna pulang dengan mengendarai motor yang dipakai Tutik.

Sebelumnya diberitakan, petugas patroli PBTR, menerima laporan dari petugas GT Pemalang ada pemotor yang menerobos masuk tol. Pemotor wanita itu membuntuti kendaraan roda empat setelah melakukan tap tol di GT Pemalang,, pukul 06.30 WIB tadi pagi.

Pemotor wanita yang hanya menggenakan daster tanpa helm itu, akhirnya ditemukan petugas patroli tol di KM 311 jalur B yang mengarah ke Jakarta. Motor itu berhenti karena kehabisan BBM.

Oleh petugas, wanita ini, kemudian dibawa ke GT Batang-Pekalongan untuk dimintai keterangan.

"Dari keterangan kakaknya yang menjemput tadi didampingi petugas kepolisian dan trantib, dijelaskan yang bersangkutan mengalami ODGJ. Pemotor sudah Kami serahkan ke pihak keluarga," jelas Kasi Lalu Lintas PBTR, Nurudin Zakaria hari ini.



Simak Video "Dear Bikers yang Masuk Tol Kelapa Gading, Kalian Dicari Polisi!"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/sip)