Arus Balik di GT Kalikangkung Landai, Normalisasi One Way Situasional

Afzal Nur Iman - detikJateng
Minggu, 08 Mei 2022 18:35 WIB
Situasi arus balik di GT Kalikangkung, Semarang, Minggu (8/5/2022) sore.
Situasi arus balik di GT Kalikangkung, Semarang, Minggu (8/5/2022) sore. (Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng)
Semarang -

Hingga hari ketiga dilaksanakannya one way di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, arus lalu lintas terbilang lancar. Meski begitu, normalisasi jalur one way masih menunggu instruksi Polda Jateng.

"Terpantau arusnya di hari ketiga one way ramai, namun tidak ada antrian yang panjang di gerbang tol," kata Kapospam GT Kalikangkung, Ipda Riyadi saat ditemui di Pos Terpadu GT Kalikangkung, Semarang, Minggu (8/5/2022).

Rencananya, normalisasi jalan tol dari one way akan dilakukan pada Senin (9/5) pukul 03.00 WIB. Namun, Riyadi menyebut bila normalisasi bisa dilakukan secara situasional.


"Itu (normalisasi) nanti, menunggu instruksi dari Polda (Jateng), kita sebagai pelaksana dari pos ini nanti nunggu instruksi. Kapan diberlakukannya belum tahu," katanya.

Artinya, normalisasi bisa dipercepat atau bahkan diperpanjang. Termasuk jalur awal diberlakukannya one way.

"Misalnya arusnya malam ini landai tidak ada antrian panjang bisa juga jam 12 (dinormalisasi) gitu, lihat situasional," jelas Riyadi.

Riyadi, juga menyebut bila one way sempat dilakukan sejak dari tol dalam Kota Semarang. Namun, karena arus lalu lintas dinilai sudah landai jalur one way dalam kota mulai dinormalisasi.

"Situasional ngelihat arusnya, kadang one way diberlakukan dari Kalikangkung sampai Banyumanik, kalau saat ini masih diberlakukan one way dari (KM) 428 mulai dari situ dan Banyumanik sudah diberlakukan ke arah Solo," jelasnya.

Pantauan detikJateng di lokasi hingga pukul 15.00 WIB, terlihat arus kendaraan yang masuk GT Kalikangkung ke arah Jakarta mulai ramai. Meski begitu, lalu lintas masih bisa dibilang lancar tanpa ada antrean panjang di GT.

Berdasar data dari Pos Pantau GT Kalikangkung, hingga pukul 14.00 WIB, tercatat ada sekitar 27.037 kendaraan yang masuk GT Kalikangkung. Di mana paling banyak kendaraan masuk pada pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB dengan rata-rata 2.700 kendaraan per jam.



Simak Video "Arteri Purwakarta Dipadati Kendaraan Akibat One Way"
[Gambas:Video 20detik]
(afn/aku)