Pemudik Kapal Gratis Tiba, Pelabuhan Semarang Bak Lautan Manusia

Afsal Nur Iman - detikJateng
Sabtu, 30 Apr 2022 17:01 WIB
Ribuan pemudik gratis naik KM Ciremai dari Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Sabtu (30/4/2022) siang.
Ribuan pemudik gratis naik KM Ciremai dari Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Sabtu (30/4/2022) siang. Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng
Semarang -

Ribuan pemudik yang menumpang kapal gratis kloter kedua tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang, Sabtu (30/4/2022). Pelabuhan yang semula terpantau sepi itu pun mendadak ramai setelah kedatangan kapal yang mengangkut pemudik itu.

Kapal tersebut diketahui tiba pada Sabtu (30/4/2022) sekitar pukul 14.00 WIB. Pantauan detikJateng di lokasi pukul 15.00 WIB, tampak ribuan pemudik yang baru turun dari kapal itu langsung diarahkan menuju lokasi pengecekan suhu tubuh.

Setelah dicek suhu tubuhnya, para pemudik dari Jakarta itu bergegas ke tempat yang disediakan untuk menunggu sepeda motor mereka diturunkan dari kapal. Tenda dan bangku-bangku yang disediakan pihak pelabuhan tak mampu menampung seluruh pemudik.


Walhasil, sebagian pemudik itu memilih berdiri atau duduk-duduk di area pelabuhan. Untuk menghibur para pemudik, di Pelabuhan Tanjung Emas juga diselenggarakan pertunjukan musik dangdut yang menampilkan dua biduan. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo juga dikabarkan telah menyambut para pemudik asal Jakarta ini.

Ribuan pemudik gratis naik KM Ciremai dari Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Sabtu (30/4/2022) siang.Ribuan pemudik gratis naik KM Ciremai dari Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Sabtu (30/4/2022) siang. Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng

"Alhamdulillah, hari ini KM (kapal mesin) Ciremai yang membawa penumpang sebanyak 1.481 orang dan 469 sepeda motor telah tiba dengan selamat," kata Kepala PT Pelni Regional Semarang, Indra Maulana saat ditemui di lokasi, Sabtu (30/4/2022).

Indra mengatakan, tidak ada kendala dalam pelaksanaan mudik dengan kapal gratis ini. KM Ciremai berangkat dan tiba sesuai dengan jadwal. "KM Ciremai berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta Utara) kemarin jam 10 malam, tiba di sini tadi jam 2 siang," lanjutnya.

Setelah bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, KM Ciremai yang masih mengangkut penumpang itu segera melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Namun, sebagian besar penumpangnya sudah turun di Semarang.

"Memang sudah kami prediksi sebelumnya, pemudik ini lebih banyak ke Jateng. Sebab, kita pada tahun 2017, 2018, dan 2019 juga pernah melaksanakan mudik gratis seperti ini," pungkas Indra.

detikJateng mengajak pembaca untuk mengirimkan informasi, cerita, atau pengalaman mudik Lebaran. Caranya mudah, kirimkan cerita, foto, atau video pengalaman mudik Anda ke email infojateng@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor kontak Anda yang bisa dihubungi oleh redaksi detikJateng. Yuk Lur, abadikan cerita mudikmu dengan menyampaikannya ke detikJateng.



Simak Video "Penampakan Terkini Banjir Rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)