Polres Klaten Siapkan Fasilitas Vaksinasi di Pospam Lebaran

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Jumat, 22 Apr 2022 10:30 WIB
Doctors wearing PPE uniforms white gloves are inoculating the arm muscles to prevent COVID 19.
Ilustrasi vaksinasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Worayuth Kamonsuwan
Klaten -

Polres Klaten bersama tim gabungan dari sejumlah instansi membuka 5 pos pengamanan (Pospam) pada lebaran kali ini. Pos tersebut dibuat untuk memantau kondisi arus mudik.

Selama ini lalu lintas di Klaten cukup sibuk lantaran merupakan penghubung utama Kota Solo dengan Yogyakarta.

Dalam pengamanan lebaran kali ini Polres Klaten menerjunkan 654 petugas yang terdiri dari Polri, TNI, Pemkab Klaten serta relawan dari ormas.


"Jadi kita bersama TNI, Polri, Pemkab dan Ormas menerjunkan 654 personel operasi kali ini. Untuk titik pos ada lima," jelas Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo pada wartawan usai apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 di Mapolres, Jumat (22/4/2022) siang.

Lima pos itu, jelas Eko, ditempatkan di titik-titik rawan kemacetan antara lain di Prambanan, Alun- Alun, Jatinom, Karang dan ditambah satu pos di Tegalyoso.

Selain sebagai pos pengamanan, pihaknya juga akan menjadikan pos tersebut sebagai tempat pelayanan vaksinasi. Para pemudik yang belum menjalani vaksinasi dosis lengkap bisa memperoleh layanan vaksinasi di pos itu.

"Di Pos Pengamanan kita siapkan sarana dan prasarana terkait vaksin, termasuk tenaga kesehatan untuk pemudik yang belum vaksin," kata Eko.

Kasat Lantas Polres Klaten AKP Muhammad Fadhlan menyebut pihaknya sudah menyiapkan perencanaan penanganan saat terjadi penumpukan kendaraan saat arus mudik dan arus balik.

Salah satunya dengan penambahan rambu dan penyiapan jalur alternatif untuk memecah kepadatan lalu lintas.

"Jalur alternatif sudah kita siapkan, termasuk rambu penunjuk arah. Dari Yogyakarta bisa kita alihkan ke selatan lewat Bendogantungan, atau ke utara lewat Gayamprit. Dari barat yang sering padat terjadi di kota," ungkap Fadhlan.



Simak Video "Baliho Raksasa Ajak Nikah Mbak Maya Nangkring di Klaten"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)