Paundrakarna dan Bos Batik Keris Temui Gibran, Bahas Apa?

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Kamis, 31 Mar 2022 14:45 WIB
GPH Paundrakarna bersama pemilik Batik Keris, Lina Handianto Tjokrosaputro menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di kantor Walkot Solo, Kamis (31/3/2022).
GPH Paundrakarna bersama pemilik Batik Keris, Lina Handianto Tjokrosaputro menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di kantor Walkot Solo, Kamis (31/3/2022). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Solo -

Kakak dari KGPAA Mangkunegoro X, GPH Paundrakarna bersama pemilik Batik Keris, Lina Handianto Tjokrosaputro menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Mereka berencana membuat pameran batik dengan menghadirkan sejumlah nama, antara lain Guruh Soekarnoputra.

Pertemuan mereka sebetulnya dijadwalkan, Kamis (31/3/2022), sekitar pukul 09.00 WIB, namun saat itu baru Lina yang sudah hadir dan bertemu di kantor Gibran. Hingga pukul 10.15 WIB, Paundra tak kunjung datang hingga Gibran memutuskan untuk bergeser ke DPRD Solo menghadiri rapat paripurna.

Namun saat Gibran sudah masuk ke mobilnya, Paundra pun tiba. Gibran kemudian menghampiri Paundra yang masih di dalam mobil.


Keduanya lalu saling bersalaman dan berpelukan. Gibran kemudian menyempatkan waktu sekitar 15 menit untuk berbicara dengan Paundra di kantornya.

Paundra mengatakan pertemuan itu mambahas rencana pameran batik di Hari Batik Nasional Oktober nanti. Acara akan digelar di Loji Gandrung.

"Nanti selain pameran ada pertunjukan seni budaya lainnya. Kami mengajukan nama Guruh Soekarnoputra, Puti Soekarno untuk turut serta," kata Paundra di Balai Kota Solo, Kamis (31/3/2022).

Paundra sendiri akan menampilkan batik karyanya dalam pameran itu. Dalam beberapa tahun ini, Paundra memang berkolaborasi dengan Batik Keris dalam produksi batik print maupun tulis.

"Ini karya saya sudah masuk season keempat. Dalam karya saya, ada corak tradisi yang saya jawantahkan lalu saya tabrak dengan motif kekinian. Seperti ini (batik yang dipakai Paundra) ada Garuda Yeksa Kencana, kemudian Puspa Mekar, motif klasik Bali, karena saya punya darah Bali, lalu Parang Pending, Parang Pager," ujar cucu Presiden Sukarno itu.

Dalam kesempatan yang sama, Gibran mengapresiasi batik karya Paundra. Gibran pun sudah beberapa kali terlihat mengenakan batik karya Paundra.

"Kemarin waktu saya pakai batik warna hijau itu banyak yang menanyakan itu beli di mana, saya bilang itu karya Gusti Paundra. Beliau ini seniman sejati, dan karyanya masuk untuk anak muda, jadi bisa untuk kegiatan sehari-hari, ke kafe, ke mal. Makanya saya mendorong beliau berpartisipasi di Hari Batik Nasional," ujar dia.

Dalam momen itu, Gibran juga membandingkan dirinya yang tak lebih ganteng dari Paundra. Batik karya Paundra, menurutnya memang sangat cocok saat dipakai oleh Paundra.

"Beda kalau dipakai Mas Paundra bagus, ganteng banget, auranya keluar. Kalau dipakai saya beda," ujar Gibran.



Simak Video "Aksi Gibran Rakabuming Naik Kuda di Solo Batik Carnival"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/ams)