Lapur Lur

Awet, Genangan Air Mirip Comberan di Simpang 3 Basin-Gayamprit Klaten

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Senin, 21 Mar 2022 11:08 WIB
Genangan air di simpang tiga jalan Basin- Gayamprit.
Genangan air di simpang tiga jalan Basin- Gayamprit. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Klaten -

Genangan di simpang tiga Basin, tepatnya di selatan kawasan PTPN, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, dikeluhkan warga sekitar. Genangan air itu rutin terjadi setiap hujan, bahkan saking lamanya jadi mirip comberan.

Pantauan detikJateng di lokasi, Senin (21/3/2022), air masih menggenang dengan kedalaman sekitar 15 centimeter. Genangan air berwarna gelap menyerupai limbah itu ada di barat pohon beringin di timur jembatan Basin.

Tidak ada saluran, gorong-gorong, atau selokan di sekitar lokasi untuk mengalirkan genangan air tersebut.Juga tidak ada rambu peringatan untuk warga. Pengguna jalan dari arah Kecamatan Karangnongko ke Basin atau sebaliknya mesti mengangkat kaki atau mengerem kendaraannya.


Salah satu pedagang di sekitar lokasi, Bangun (26), mengatakan genangan air itu rutin terjadi seusai hujan. "Tidak ada selokan atau saluran airnya. Tiap habis hujan selalu jadi genangan begitu," kata Bangun kepada detikJateng, Senin (21/3/2022) pagi.

Bangun menjelaskan, genangan air tersebut lama surutnya. "Di bawahnya masih tanah, selatan dan utaranya aspal. Tanahnya juga cekungan, jadi air menggenang," imbuh Bangun.

Warga berharap agar cekungan jalan yang menjadi genangan air tiap musim hujan itu segera dibenahi. Meskipun tidak sampai menyebabkan kecelakaan, tetapi lalu-lintas di jalan tersebut terbilang ramai.

"Kalau sehari sinar mataharinya terik ya cepet hilang (genangannya). Tapi kalau musim hujan bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu tidak hilang karena disusul hujan lagi," ungkap warga Gayamprit, Wibowo, kepada detikJateng di lokasi.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkab Klaten, Suryanto mengaku sudah mendapat informasi tentang genangan di jalan tersebut. "Nanti kita masukkan ke dalam usulan perencanaan," kata Suryanto saat dikonfirmasi detikJateng via ponselnya.



Simak Video "Hindari Lubang, Pengendara Motor Tercebur ke Parit di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/mbr)