Ini Bunga, Selebgram Cilik 'Monggo Maem' Asal Boyolali

Ragil Ajiyanto - detikJateng
Sabtu, 19 Mar 2022 15:22 WIB
Bunga Salsabila, selebgram cilik asal Boyolali.
Bunga Salsabila, selebgram cilik asal Boyolali. (Foto: dok. pribadi)
Boyolali -

"Monggo maem, bismillahirrahmanirrahim." Itulah kalimat yang selalu diucapkan Bunga Salsabila dalam setiap konten video makannya. Selebgram cilik ini memilih menggunakan bahasa Jawa di setiap tampilannya di Instagram.

"Karena bahasa daerahku itu bahasa Jawa, jadi saya pakai buat memperkenalkan budayaku," kata Bunga Salsabila, kepada detikJateng, Sabtu (19/3/2022).

Bahasa Jawa yang digunakan pun campur-campur. Baik bahasa Jawa ngoko maupun kromo inggil. Namun Bunga lebih sering memakai kromo inggil.


Aksi Bunga Salsabila di Instagram dengan video-videonya itu ternyata banyak disukai masyarakat. Bahkan, siswi kelas 1 SMP atau kelas VII itu kini memiliki ratusan ribu pengikut di akun Instagramnya.

Dilihat detikJateng pada Sabtu (19/3) pukul 13.30 WIB, akun Instagram @bunga__salsabila telah memiliki 424 ribu pengikut dengan 2.756 postingan. Isinya antara lain mulai dari foto-fotonya, aktivitasnya saat tampil menyanyi, konten make-up hingga konten makan.

Pemilik nama lengkap Bunga Salsabila Prissha Hendrawan itu mengaku mengenal media sosial Instagram sejak tahun 2017. Awalnya hanya mengunggah foto-fotonya. Kemudian di tahun 2018, mengunggah video-video pendek berisi wejangan-wejangan.

Dari situ terus membuat konten make-up. Konten ini pun viral di media sosial. Tak hanya konten make-up, dia kemudian membuat konten makan dan viral juga.

Sejak Maret 2019, dia pun mulai serius menggarap konten-konten video berbahasa Jawa. Kata-kata yang dipilih pun kadang lucu dan menggemaskan.

"Awalnya pakai bahasa Indonesia, terus ganti pakai bahasa Jawa pertama kali saat makan ayam ingkung utuh dan itu langsung terkenal banget. Bahasa Jawa dipakai sampai sekarang," jelasnya.

Meskipun bahasa Jawanya terlihat sangat medok, Bunga mengaku, sejak kecil dalam komunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Dia akhirnya mulai belajar bahasa Jawa karena kebutuhan saat menyanyi di panggung.

"Basic-nya kan penyanyi. Saat bernyanyi kan ngobrolnya (dialog) memakai bahasa Jawa, saya jawabnya pakai bahasa Indonesia, jadi malu terus minta diajari (bahasa Jawa) Papi. Kalau dengerin orang pakai bahasa Jawa, saya nggak tahu artinya. Aku tanya Papi, artinya apa. Lama-lama bisa," imbuh dia.

Selain Instagram, Bunga juga memilik akun media sosial lain yakni di channel YouTube dan Facebook. Selain aktif di media sosial khususnya Instagram, anak sulung dari dua bersaudara ini juga aktif bernyanyi. Dia sering mendapat tawaran bernyanyi bersama grup-grup campursari.

Hanya saja, untuk tawaran bernyanyi kini mulai dikurangi. Hal itu karena kesibukannya membuat konten video semakin intens, seiring dengan banyaknya endorse yang masuk. Belum konten-konten pribadi yang terus dibuatnya, baik konten makan maupun konten make-up.

Untuk membuat berbagai konten itu, dia dibantu ayahnya. Papinya yang bertugas mengambil video dan mempersiapkan makanan yang akan dibuat konten.

Di dalam konten videonya itu, Bunga terkadang tak sendiri. Ada gadis cilik lain yang sering menemani Bunga dalam videonya. Dia adalah Cinta Edsa Aisfahiya, yang tak lain adalah adiknya sendiri. Cinta pun tampak luwes dengan dialog-dialog bersama kakaknya di konten video itu.

Dialog-dialog Bunga di setiap konten video itu juga terlihat lancar. Dialog itu pun dilakukannya spontan. Basic penyanyi dan sering tampil di depan umum menjadi modal. Selain itu dia juga belajar dari ayahnya yang seorang MC dan penyiar radio.

"Sering dengerin Papi siaran di radio dan dengerin saat jadi MC," terangnya.

Meski sibuk dengan pembuatan konten-konten Instagram, Bunga tak meninggalkan bangku sekolahnya. Dia pun harus membagi waktu antara sekolah, membuat konten dan belajar.

"Sepulang sekolah kalau ada konten yang harus dikerjakan ya ngerjain konten. Malam hari baru belajar," terang Bunga.



Simak Video "Momen Selebgram Ditangkap Saat Bugil Live Show di Toilet Kafe"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ams)