Jelang Ramadan, Makam Sunan Kudus Ramai Didatangi Peziarah

Dian Utoro Aji - detikJateng
Jumat, 18 Mar 2022 14:41 WIB
Suasana di Makam Sunan Kudus jelang Ramadan, Jumat (18/3/2022).
Suasana di Makam Sunan Kudus jelang Ramadan (Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng)
Kudus -

Makam Sunan Kudus ramai didatangi para peziarah menjelang bulan Ramadan. Per hari ini tercatat ada seribuan orang berziarah di makam salah satu Wali Songo penyebar agama Islam di Jawa.

Pantauan di lokasi, Jumat (18/3/2022), tampak peziarah memadati sekitar kompleks makam, menara, dan masjid Sunan Kudus. Peziarah silih berganti memasuki area makam Sunan Kudus atau dikenal dengan Jafar Shodiq.

Para peziarah yang datang terlihat mengenakan masker dan menerapkan protokol kesehatan. Terdengar suara petugas melalui pengeras suara mengingatkan pengunjung untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.


Salah satu peziarah, Yanti (36), mengaku memanfaatkan momen menjelang bulan Ramadan untuk berziarah di makam para Wali Songo. Salah satunya makam Sunan Kudus.

"Bersama rombongan ke sini, momen jelang Ramadan sering berziarah ke makam para wali, di antaranya ke sini (Makam Sunan Kudus)," kata peziarah asal Pati ini saat ditemui di lokasi, Jumat (18/3/2022).

Suasana di Makam Sunan Kudus jelang Ramadan, Jumat (18/3/2022).Ramai peziarah datangi Makam Sunan Kudus jelang Ramadan, Jumat (18/3/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng

Terpisah, Humas Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus, Denny Nur Hakim mengatakan sekitar 1.000 peziarah yang datang per harinya menjelang bulan Ramadan ini. Menurutnya peziarah per hari bisa 1.500 sampai 2.000 orang, mereka berasal dari Kudus dan luar daerah.

"Per hari awal pandemi, 1.500-2.000 peziarah, dengan protokol kesehatan secara ketat," ujar Denny ditemui di kantornya siang tadi.

Denny memperkirakan peziarah akan terus berdatangan hingga momen bulan suci Ramadan. Puncaknya diperkirakan pada sepekan sebelum Ramadan.

"Puncaknya seminggu sebelum puasa banyak peziarah," ujar dia.

Denny mengatakan peziarah datang setiap momen Ramadan. Meski pandemi kata dia, banyak peziarah yang datang ke Makam Sunan Kudus. Peziarah pun wajib menerapkan protokol kesehatan.

"Dua tahun pandemi antusias jamaah lokal, dan luar Kudus cukup antusias. Tahun kemarin pandemi cukup menghantui masyarakat, ekonomi terdampak, tahun ini peziarah cukup banyak, tidak banyak sebelumnya pandemi tahun kemarin," terang Denny.



Simak Video "Potret Sepinya Acara Puncak Buka Luwur Makam Sunan Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/sip)