Ini Doa dan Harapan Tiga Penerus Dinasti Mataram untuk Mangkunegoro X

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Sabtu, 12 Mar 2022 14:51 WIB
Suasana jumenengan KGPAA Mangkunegoro X, Sabtu (12/3/2022).
Suasana jumenengan KGPAA Mangkunegoro X, Sabtu (12/3/2022). Foto: Ari Purnomo/detikJateng
Solo -

Tiga penguasa kerajaan dinasti Mataram Islam menghadiri pengukuhan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X hari ini. Mereka memiliki doa dan harapan agar Puro Mangkunegaran Solo bisa terus maju.

Raja Keraton Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyampaikan harapannya agar Mangkunegoro X bisa membawa kesuksesan. Sultan juga mendoakan agar Mangkunegoro X diberikan kesehatan.

"Harapan saya semoga sukses, jaga kesehatan, dan hati-hati saja," kata Sultan usai acara pengukuhan atau jumenengan di Puro Mangkunegaran, Sabtu (12/3/2022).


Sementara itu, Adipati Puro Pakualaman KGPAA Paku Alam X mengingatkan bahwa penerus dinasti Mataram Islam memiliki tanggung jawab bersama, yakni menjaga kebudayaan dalam konteks luas.

"Tentu terkait dengan hal kebudayaan itu harus dilestarikan. Tentu kebudayaan tidak hanya berkesenian belaka tapi perilaku, pola pikir, dan budaya kerja tentu perlu mendapat perhatian. Saya yakin Kanjeng Gusti yang saat ini kan lebih muda. Bahasanya mungkin milenial, bisa mengakomodir perkembangan yang ada tanpa tercerabut dari akar budaya," ujar Paku Alam X.

Adapun putra mahkota Keraton Kasunanan Surakarta, KGPH Purbaya atau yang bergelar Kanjeng Gusti Adipati Anom Sudibyo Rajaputra Narendra Ing Mataram juga memiliki harapan serupa.

"Mas Bhre yang sudah dinobatkan sebagai Mangkunegoro X, semoga membawa keberkahan bagi Puro Mangkunegaran sendiri. Pastinya dipimpin sosok pemuda kan bagus dan semoga bisa menjaga kebudayaan di Puro Mangkunegaran agar bisa dilestarikan makin maju," katanya.

KGPH Purbaya yang juga berusia muda mengaku sudah sering berkomunikasi dengan Bhre. Dia membuka diri untuk saling bekerja sama ke depannya.

"Saya sudah berteman sejak beberapa waktu lalu dengan Mas Bhre, sering komunikasi juga lah. Semoga (bisa bekerja bersama)," kata dia.



Simak Video "Momen Jokowi Beri Selamat Atas Pengukuhan KGPAA Mangkunegoro X"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)