Bertemu FX Rudy, Paundra Curhat soal Penjegalan di Mangkunegaran

Ari Purnomo - detikJateng
Rabu, 09 Mar 2022 12:21 WIB
GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo hadiri pemakaman KGPAA Mangkunegara IX. Keduanya pun sempat foto bersama di pusara sang ayah.
Dua putra Mangkunegoro IX (foto: Andy Kurniawan/detikJateng)
Solo -

Putra tertua KGPAA Mangkunegoro IX, GPH Paundra Sukmaputra Jiwanegara menemui mantan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo di kediamannya di Pucangsawit, Jebres, Selasa (8/3/2022) malam.

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh kakak dari calon MN X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo itu.

Salah satunya adalah mengenai adanya penjegalan dirinya menjelang penetapan penerus MN IX yang akhirnya jatuh pada GPH Bhre.

"Beliau sudah legowo dengan penyikutan dan penjegalan, Mas Paundra bilang seperti itu," ujar Rudy saat ditemui wartawan di kediamannya, Rabu (9/3/2022).


Kepada Rudy, Paundra juga menyampaikan bahwa sudah menerima dengan keputusan para sesepuh di Puro Mangkunegaran yang akhirnya memilih adik tirinya sebagai Pangageng di Puro Mangkunegaran.

"Beliau legowo dengan adat yang sudah ditentukan oleh para sesepuh (Puro Mangkunegaran) dan sebagaimnya," ucapnya.

Karena, Rudy melanjutkan, sesuai dengan adat bahwa putra prameswari dan diangkat jumeneng sebagai penerus Mangkunegoro IX.

"Sehingga tidak ada kata lain yang lebih anu (legowo), dan beliau pamit mau ke Jakarta untuk bertemu Budhe dan Pakdenya," beber Rudy.


Seperti diketahui, Puro Mangkunegaran sudah memutuskan bahwa suksesi Mangkunegaran jatuh pada putra dari permaisuri yakni GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Meskipun, GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara adalah anak tertua dari KGPAA Mangkunegoro IX.

Untuk prosesi Jumeneng akan digelar dengan protokol kesehatan di Puro Mangkunegaran pada Sabtu (12/3/2022). Sejumlah pejabat dan tokoh penting diperkirakan akan hadir dalam Jumenengan tersebut, salah satunya adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi).



Simak Video "Kader PDIP Temanggung Kembalikan Bantuan Ganjar Bikin FX Rudy Geram"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/ahr)