GPH Bhre Ditetapkan Jadi Mangkunegoro X, Bagaimana Respons Roy Yamin?

Ahmad Rafiq - detikJateng
Selasa, 01 Mar 2022 18:16 WIB
Cucu Mangkunegara VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin.
KRMH Roy Rahajasa Yamin. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Pura Mangkunegaran mengumumkan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X. Rencananya Bhre akan dinobatkan pada 12 Maret mendatang.

Selama ini, ada 3 nama yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat penerus takhta Pura Mangkunegaran. Selain Bhre, ada pula nama Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara dan KRMH Roy Rahajasa Yamin.

Terkait penetapan itu, Roy dikabarkan telah mendengar adanya pengumuman bahwa Bhre telah ditetapkan sebagai KGPAA Mangkunegoro X. Dia juga telah menerima keputusan itu.


"Saya tadi sudah telepon dengan Mas Roy dan dia mengatakan sudah mendengar serta menerima keputusan itu," kata adik ipar Roy, Seno Adjie saat dihubungi, Selasa (1/2/2022).

Apalagi, dalam surat yang beredar, penetapan itu juga diikuti oleh GRA Retno Satuti yang tidak lain merupakan ibu kandung Roy.

"GRA Retno Satuti sebagai kakak tertua mendiang Mangkunegoro IX terlibat dalam keputusan itu," kata Seno.

Meski demikian, Seno mengatakan bahwa dia belum mengetahui sikap yang akan diambil oleh Roy terkait hasil penetapan ini.

"Saya baru besok siang akan bertemu dengan Mas Roy. Hari ini baru bisa berkomunikasi lewat telepon," kata Seno.

"Secara pribadi saya sendiri berharap agar keputusan yang diambil ini memang sudah melalui pembicaraan yang disepakati oleh semua pihak," kata Seno menambahkan.

Roy sendiri merupakan salah satu kerabat dekat dari Pura Mangkunegaran sehingga disebut-sebut juga memiliki peluang untuk menduduki takhta. Ibunya, GRA Retno Satuti merupakan anak tertua dari Mangkunegoro VIII.

Sedangkan ayahnya, Dang Rahadian Yamin merupakan anak dari Pahlawan Nasional Mohammad Yamin.



Simak Video "Tarik Minat Wisatawan, Pura Mangkunegaran Solo Adakan Latihan Tari"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/mbr)