Ganjar Pranowo Tetiba Pangkas Habis Rambut Putihnya, Ada Apa?

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Senin, 28 Feb 2022 16:01 WIB
Ganjar Pranowo ikut aksi cukur gundul dalam penggalangan dana untuk membantu anak-anak penderita kanker, Senin (28/2/2022).
Ganjar Pranowo ikut aksi cukur gundul dalam penggalangan dana untuk membantu anak-anak penderita kanker, Senin (28/2/2022). Foto: Dok Humas Pemprov Jateng
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiba-tiba berubah penampilan. Dia mencukur habis rambut putih yang jadi ciri khasnya. Kini, kepala orang nomor satu di Jawa Tengah itu gundul plontos!

Aksi cukur itu merupakan bentuk dukungan bagi anak-anak pejuang kanker saat merayakan Hari Kanker Anak Sedunia. Tidak hanya asal gundul, aksi tersebut juga untuk penggalangan dana.

Dari aksi gundul Ganjar setidaknya sudah terkumpul dana sebesar Rp 70 juta. Tak hanya Ganjar, sejumlah pejabat termasuk Kapolrestabes Semarang dan Dandim 0733 Semarang pun ikut cukur gundul.


"Tadi lumayan sudah terkumpul, mungkin hari ini Rp 70-80 juta dapat. Mudah-mudahan itu juga akan bisa membantu karena memang anak-anak itu perlu bantuan," kata Ganjar dalam keterangannya, Senin (28/2/2022).

"Jadi kalau rambut itu kan bisa tumbuh lagi, mau dipotong kaya apapun kan bisa tumbuh lagi. Tapi membangun empati solidaritas menurut saya penting," imbuhnya.

Acara penggalangan dana itu diselenggarakan di Mal Paragon Kota Semarang. Banyak orang yang datang untuk menyumbangkan uangnya dan ikut cukur gundul. Sedangkan Ganjar ikut berpartisipasi dari rumah dinasnya, dia mengikuti acara secara daring.

Di lokasi, ada juga seorang wanita berambut sebahu yang nekat mencukur habis rambutnya. Ia adalah Asrida Ulinuha (42) yang tergerak hatinya untuk berempati kepada anak-anak penderita kanker. Bahkan, aksinya cukur gundulnya itu mendatangkan donasi sekitar Rp 25 juta.

"Kalau bisa bermanfaat buat orang lain kenapa tidak. Rambut kan bisa tumbuh lagi. Awalnya saat ditantang kamu gundul mau tidak, ditawari awal Rp 5 juta (untuk donasi) saya bilang Rp 10 juta, ternyata ini tembus Rp 25 juta. Itu dari beberapa orang," ujar Ulin.

Pemilik cafe itu pun tidak masalah dengan rambut sebahunya yang kini dipotong. Ia justru berharap aksi dukungan seperti ini bisa terus ada dan memberikan manfaat.

"Ini aksi solidaritas, semoga bisa terus ada," jelasnya.

Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar dan Dandim 0733 Semarang Letkol Inf Honi Havana datang bersamaan kemudian langsung duduk dikursi peserta dan ikut gerakan #beranigundul tersebut. Keduanya langsung dicukur habis rambutnya.

Ganjar Pranowo ikut aksi cukur gundul dalam penggalangan dana untuk membantu anak-anak penderita kanker, Senin (28/2/2022).Ganjar Pranowo ikut aksi cukur gundul dalam penggalangan dana untuk membantu anak-anak penderita kanker, Senin (28/2/2022). Foto: Dok Humas Pemprov Jateng

"Ibarat rambut nanti akan tumbuh lagi, itulah harapan kami kepada anak-anak agar terus tumbuh sehat," kata Irwan usai dicukur.

"Belajar ikhlas memberi support kepada anak-anak dan saudara kita anak-anak penderita kanker. Agar tetap semangat dan segera sembuh, " imbuh Honi.

Dari aksi Kapolrestabes dan Dandim tersebut, terkumpul sekitar Rp 80 juta. "Terima kasih kepada yang sudah menyumbang. Info dari panitia tadi sudah Rp 80 juta atas nama saya dan pak Dandim," jelas Irwan.

Kepala cabang Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Cabang Semarang Vita Mahaswari mengatakan, rata-rata anak yang dibantu berusia 0-18 tahun. Yayasan tersebut membantu berbagai kebutuhan anak-anak penderita kanker.

"Yayasan YKAKI memfasilitasi anak-anak kanker beserta pendamping, transportasi, akomodasi rumah, pasien tinggal bersama orangtua dan pendamping, juga memberi pengobatan yang tidak dicover BPJS, dan membantu permasalahan yang timbul selama anak menjalani perawatan. Seperti tempat tinggal dan obat yang tidak dicover BPJS, kehidupan sehari-sehari pasien dan orang tua , pendamping," jelas Vita.

Ia sangat bersyukur kegiatan #beranigundul itu diminati banyak orang, bahkan Gubernur Jateng ikut berpartisipasi. Vita juga mengucapkan terimakasih kepada tokoh Harjanto Halim yang getol mengajak tokoh lainnya dan sosialisasi lewat media sosial.

"Dibantu pak Harjanto Halim memberi inspirasi bagi tokoh masyarakat. Saya sangat surprise dan terharu pak Ganjar selalu mengawal, setiap tahun selalu hadir, kali ini ikut cukur," ujar Vita.



Simak Video "Momen Ganjar Pranowo Ikut Flashmob di CFD Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/dil)