Mak Jejagik! Ular Sanca 3,5 Meter Nongol saat Banjir di Banjanegara

Uje Hartono - detikJateng
Jumat, 28 Jan 2022 15:23 WIB
Ular sanca yang ditemukan di Kampung Siton, Kelurahan Parakancanggah.
Ular sanca yang ditemukan di Kampung Siton, Kelurahan Parakancanggah. (Foto: Uje Hartono/detikJateng)
Banjarnegara -

Seekor ular sanca sepanjang 3,5 meter ditemukan di halaman rumah warga kampung Siton, Kelurahan Parakancanggah, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Penangkapan ular itu berlangsung dramatis karena Kampung Siton saat itu sedang terendam banjir.

Salah satu warga kampung Siton, Beni Suseno,mengatakan ular itu sempat menggigit tetangganya ketika mengevakuasi ular tersebut dari halaman rumah.

"Pas terjadi banjir kemarin (Kamis, 27/1) tiba-tiba ada ular di halaman rumah warga di sini. Bahkan (ularnya) sempat menggigit, untung orangnya tidak apa-apa," kata Beni saat ditemui detikJateng di rumahnya, Jumat (28/1/2022).

Saat ini, ular sanca itu sudah diamankan di rumah warga. Namun, warga kampung Siton masih khawatir terkait keberadaan ular sanca di sekitar permukiman. Pasalnya, kemunculan ular saat banjir bukan kali pertama.

"Kalau yang sekarang sudah diamankan, agar tidak membahayakan. Tetapi warga masih was-was karena saat banjir sering muncul ular. Kalau dihitung ular ini yang ditemukan ketujuh kalinya. Mesti masih ada ular lain di sekitar sini," kata Beni.

Dia menambahkan, akibat saluran air tersendat, kampung tempat tinggalnya menjadi langganan banjir saat hujan deras. Menurut dia, jika hujan dengan intensitas tinggi selama sejam, saluran air meluap hingga masuk ke rumah warga.

"Kalau hujan deras satu jam, air sudah masuk rumah. Tingginya sekitar setengah meter," terangnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan banjir kerap terjadi di kampung Siton Kelurahan Parankancanggah. Sebab, karena kondisi kampung itu terbilang rendah.

"Dilihat dari elevasi di daerah itu kan rendah, jadi sering terjadi banjir. Kami mengimbau warga untuk tetap waspada karena ini masa peralihan. Sampai awal Februari intensitas hujan masih tinggi," jelasnya.



Simak Video "Ngeri! Ular Sanca 3 Meter Ngumpet di Plafon Rumah Warga di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)