Ada Siswa Positif COVID-19, PTM 2 SMP di Klaten Dihentikan

Achmad Syauqi - detikJateng
Kamis, 27 Jan 2022 15:10 WIB
Surat edaran kepala Dinas Pendidikan.
Surat edaran Dinas Pendidikan Klaten. (Foto: Tangkapan Layar)
Klaten -

Pembelajaran tatap muka (PTM) di SMP Negeri 1 Kemalang dan SMP Negeri 1 Karangnongko dihentikan sementara. Sebab, dari hasil tes swab acak, diketahui ada siswa yang positif COVID-19 di dua sekolah tersebut.

"Mulai hari ini PTM (di dua sekolah tersebut) dihentikan sementara, karena ada satu siswa di masing-masing sekolah itu yang positif COVID-19," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Klaten, Yunanta, saat ditemui detikJateng di kantornya, Kamis (27/1/2022).

Yunanta mengatakan penghentian PTM sementara itu dilakukan untuk lima hari ke depan sambil menunggu perkembangan. Apabila ditemukan penularan, penghentian PTM akan diperpanjang.

"Tetapi jika hasil tracing ada lagi, bisa kita perpanjang 10 hari. Kita menunggu perkembangan dari satgas," sebut Yunanta.

Menurut Yunanta, Pemkab Klaten sudah mengeluarkan surat edaran menyikapi temuan COVID tersebut. "Sementara siswa belajarnya daring. Sambil menunggu tracing satgas, kita akan sesuaikan dengan protokol kesehatan," sambung Yunanta.

Menurut Yunanta, temuan siswa terpapar COVID itu bermula dari swab acak di dua sekolah tersebut. Swab acak dilakukan terhadap lima siswa di tiap kelas.

"Swab 5 siswa tiap kelas, ternyata ada yang positif. Masing-masing (sekolah) ada satu siswa (yang positif). Ternyata, dua siswa itu dari satu keluarga di Kecamatan Karangnongko," sebut Yunanta.

Dari penelusuran dan keterangan satgas, imbuh Yunanta, keluarga tersebut baru kedatangan tamu dari Batam. Tamu itu sedang pulang kampung ke Klaten. "Ada keluarga yang pulang dari Batam. Tapi secara umum kondisi dua siswa itu sehat," kata Yunanta.

Camat Kemalang, Joko Kristanto, menambahkan satgas di level kecamatan sudah menerima surat edaran dari Dinas Pendidikan Klaten.

"Baru hari ini saya menerima surat dari dinas untuk penutupan PTM. Tracing baru di Kecamatan Karangnongko, sebab siswa SMP Negeri 1 Kemalang yang positif itu warga Karangnongko," ungkap Joko saat dihubungi detikJateng.



Simak Video "Baliho Raksasa Ajak Nikah Mbak Maya Nangkring di Klaten"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)