Awas Licin! Jalan Karanganyar-Lebaknarang Pekalongan Mulai Dibuka

Robby Bernardi - detikJateng
Rabu, 26 Jan 2022 18:14 WIB
Wakil Bupati mengecek jembatan darurat di jalan yang tertimbun longsor, Rabu (26/1/2022).
Wakil Bupati mengecek jembatan darurat di jalan yang tertimbun longsor, Rabu (26/1/2022). (Foto: Robby Bernardi/detikJateng)
Pekalongan -

Longsor di sejumlah ruas jalan penghubung Kecamatan Karanganyar-Kecamatan Lebaknarang, Kabupaten Pekalongan, sudah bisa dilalui sore hari ini. Namun, sejumlah ruas jalan yang tertimbun longsor itu sementara baru bisa diakses pejalan kaki, sepeda, dan sepeda motor dengan ekstra hati-hati.

Komandan Koramil Lebakbarang, Kapten Budiharto, mengatakan material tanah longsor yang menutup jalan penghubung dua kecamatan itu sebagian sudah disingkirkan.

"Sore tadi sudah bisa dilintasi motor. Tapi ya memang harus hati-hati, karena kondisi jalan yang dibuka itu masih darurat, ditambah sempat terjadi hujan sehingga licin," kata Budiharto kepada detikJateng, Rabu (26/1/2022).

Sementara itu, Wakil Bupati Pekalongan Riswadi beserta rombongan telah meninjau titik longsor yang terjadi di Jembatan Jangkar.

"Kita hari ini cek dan lakukan evakuasi pembersihan material longsor dan membuat jembatan darurat agar bisa diakses motor," kata Riswadi.

Dia menjanjikan dalam waktu sekitar 2-3 hari, jalan yang tertutup longsor itu sudah bisa dilalui kendaraan beroda empat. Sehingga akses dan roda perekonomian di 2 kecamatan itu bisa kembali berputar.

"Kita target 2-3 hari, agar kendaraan roda empat bisa melintas dengan jembatan khusus. Kita akan mengambil langkah untuk membuat jembatan permanen melalui perubahan (anggaran)," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 11 Desa di Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, terputus aksesnya akibat longsor di beberapa titik sejak Selasa hingga Rabu (25-26/1) sore.

Longsoran di beberapa titik itu memutus akses jalur utama Jalan Raya Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Lebakbarang maupun jalur alternatif.



Simak Video "Heboh Video Jalur Wisata Bromo Amblas, Polisi: Hoaks!"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)