Persiapan ASEAN Para Games di Solo Cuma 6 Bulan, Anggaran Siap?

Ari Purnomo - detikJateng
Rabu, 26 Jan 2022 16:49 WIB
Gibran Ditunjuk Jadi Ketua Panitia ASEAN Para Games 2022
Pertemuan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan Ketua Umum NPC Senny Marbun. (Foto: NPC Indonesia)
Solo -

Pemkot Solo hanya mempunyai waktu enam bulan untuk mempersiapkan segala keperluan perhelatan ASEAN Para Games 2022 yang akan digelar Juli mendatang. Bagaimana dengan anggarannya?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan persiapan terkait venue sudah memadai. Hanya saja, mengenai anggarannya belum ada kepastian besarannya.

"Sudah memadai semua, Minggu depan baru diomongkan soal anggarannya, ini masih awal-awal banget," ungkapnya kepada wartawan, di Balai Kota, Rabu (26/1/2022).

Disinggung mengenai sisa waktu yang sangat mepet, orang nomor satu di Kota Solo itu menyampaikan, masalah akomodasi juga sudah siap. Dia juga masih harus mencari sponsor penyelenggaraan.

"(Enam bulan cukup?) Kalau venue dan hotel sudah siap. Yang susah anggarannya, sponsornya kita kejar. Minggu depan baru kelihatan, nanti ada instruksi khusus dari Pak Menpora juga," tuturnya.

Ditanya mengenai venue yang akan digunakan untuk perhelatan ini, Gibran menyampaikan ada di Solo dan juga di Karanganyar. Antara lain ialah kawasan Stadion Manahan dan kolam renang di Karanganyar.

"Venuenya di Manahan dan lain-lain, kalau kolam renang Karanganyar. Jadi koordinasi dengan daerah," ungkapnya.

Nantinya para atlet dan juga tim official akan berada di hotel dan semua hotel di Solo akan dipakai untuk kebutuhan ASEAN Para Games.

"Sistem bubble di hotel semua. Kalau dulu di wisma Donohudan, (sekarang) semua hotel terpakai. Itu jumlahnya ada 3.000 itu baru atletnya saja, belum (termasuk tim) official," ucapnya.



Simak Video "Solo Bakal Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/sip)