Kasus Corona di Manisrenggo Klaten Jadi Klaster, 8 Orang Positif

Achmad Syauqi - detikJateng
Minggu, 23 Jan 2022 17:43 WIB
Koordinator Bidang Kesehatan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Klaten, Cahyono Widodo, Minggu (23/1/2022).
Koordinator Bidang Kesehatan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Klaten, Cahyono Widodo, Minggu (23/1/2022). Foto: Achmad Syauqi/detikJateng
Klaten -

Kasus warga terpapar virus Corona atau COVID-19 di Desa Kepurun, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Jateng, berubah menjadi klaster. Dari satu kasus menular menjadi delapan kasus positif.

"Iya, iya (jadi klaster). Kemarin sudah kita lakukan tracing, testing dan kita bawa ke isolasi di Donohudan sebagai upaya," kata Koordinator Bidang Kesehatan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Klaten Cahyono Widodo kepada wartawan, Minggu (23/1/2022).

Cahyono menjelaskan saat ini total kasus COVID-19 di Klaten ada 12 orang. Delapan orang di antaranya dari Kecamatan Manisrenggo berawal dari seorang pendatang.

"Ya klaster dari pendatang awalnya. Dari satu orang menjadi delapan orang positif," ujarnya.

Menurut Cahyono, kondisi 12 orang tersebut saat ini baik. Selain delapan orang dari Kecamatan Manisrenggo, lainnya ada yang dirawat di rumah sakit.

"Ada yang dirawat di RS tapi gejalanya ringan. Di Kecamatan Karangdowo ada dua tapi diisolasi di rumah, Polanharjo satu orang dan Bayat satu orang," paparnya.

"Kita belum tahu varian apa. Tidak semua harus diambil sampel diperiksa laboratorium karena tergantung tinggi rendahnya kasus," imbuhnya.

Dengan munculnya kembali kasus Corona di Klaten, lanjutnya, Satgas telah mempersiapkan diri. Termasuk lokasi untuk isolasi pasien.

"Ya semua tempat isolasi kita siapkan. Tapi sesuai rapat dan apa yang disampaikan Danrem di Solo, saat ini masih di Donohudan," imbuh Cahyono.

Satgas pun meminta masyarakat tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Meskipun capaian vaksinasi di Klaten sudah 91 persen.

"Dosis satu sudah 91 persen, anak malah lebih tinggi 95 persen. Untuk booster masih terkendala droping, nanti kalau droping banyak segera kita salurkan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang pemudik di Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, diketahui positif virus Corona atau COVID-19 usai menghadiri sebuah hajatan di luar daerah. Setelah dilakukan tracing kontak erat, ternyata ada 3 warga Manisrenggo lainnya yang positif COVID-19.

"Betul ada tambahan empat orang. Warga dari Jakarta dan Semarang berkunjung ke orang tuanya di Desa Kepurun. Ternyata ada acara hajatan di Magelang, yang dari Jakarta mau balik tapi di stasiun di tes PCR positif," ungkap Ketua Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Manisrenggo, Raharjo Budi Setiyono, Sabtu (15/1).



Simak Video "Bertambah 308 Positif Corona 14 Mei, DKI Sumbang 114 Kasus"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)