Duh! Peserta Seleksi Perangkat Desa Blora Bawa Benda Diduga Jimat

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Minggu, 23 Jan 2022 12:27 WIB
Seorang peserta seleksi perangkat desa Kabupaten Blora membawa benda diduga jimat, Semarang, Minggu (23/1/2022).
Petugas menunjukkan benda diduga jimat yang dibawa peserta seleksi perangkat desa Kabupaten Blora di Semarang, Minggu (23/1/2022). Foto: dok. Udinus
Semarang -

Pelaksanaan Computer Assistant Test (CAT) Seleksi Perangkat Desa Kabupaten Blora 2021 yang digelar di Semarang, Jateng, menarik perhatian. Saat pengecekan tubuh peserta, ditemukan salah satu orang membawa benda diduga jimat.

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menjadi lokasi pelaksanaan tes sejak tanggal 20 hingga 23 Januari 2022. Ada 4 sesi setiap harinya dan pada sesi kedua ditemukan ada yang membawa jimat.

Koordinator Titik Lokasi Udinus sebagai tempat yang digunakan untuk seleksi, Mohamad Sidiq, membenarkan informasi tersebut. Ia menjelaskan jimat itu ditemukan oleh petugas sewaktu melakukan body checking kepada peserta sebelum memasuki lokasi pengarahan di sesi 2 untuk Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora.

"Benar ada yang membawa benda yang disinyalir jimat saat pelaksanaan CAT Perades Kabupaten Blora 2021, saat ini benda tersebut sudah diamankan di kantor security Udinus," kata Sidiq dalam keterangannya, Minggu (23/1/2022).

Jimat tersebut berbentuk kantong kecil berwarna putih. Pemiliknya adalah peserta perempuan dan benda itu dijahit di rok bagian pinggang. Bahkan untuk melepas jimat tersebut dibutuhkan gunting karena jimat dijahit menjadi satu di bagian pinggang rok. Peserta tersebut tak didiskualifikasi dan diizinkan mengikuti tes, namun benda tersebut kini telah diamankan oleh petugas.

"Kami sita barang itu, semoga peserta lainnya tidak membawa barang-barang yang aneh saat mengikuti CAT Perades Kabupaten Blora 2021. Peserta hanya diperbolehkan membawa KTP dan alat tulis, tidak diperkenankan membawa barang yang berbahan logam," jelasnya.

Untuk diketahui, tes digelar di gedung D Udinus lantai 2 dan berjalan lancar. Tim IAIN Pekalongan bertugas sebagai pelaksana ujian. Terdapat 2.798 peserta dengan total formasi 561 jabatan. Tes diselenggarakan selama 4 hari terhitung pada tanggal 20-23 Januari 2022.



Simak Video "Diduga Sarat Kejanggalan, Warga Demo Hasil Seleksi Perangkat 13 Desa di Rembang"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)