Kali Jenes Meluap, Pasar dan Puluhan Rumah di Solo Terendam Banjir

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Jumat, 21 Jan 2022 23:20 WIB
Sungai Jenes meluap, puluhan rumah terendam banjir.
Rumah warga terendam banjir, Jumat (21/1/2022). (Foto: Istimewa)
Solo -

Hujan mengguyur Kota Solo dan sekitarnya sejak siang hingga malam ini. Hujan yang merata dan cukup lebat membuat Kali Jenes meluap dan merendam puluhan rumah hingga Pasar Jongke.

Puluhan rumah tersebut antara lain berada di RW 14, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo. Sedikitnya ada 67 KK dan 40 rumah yang terendam air hingga setinggi 1 meter.

Adapun hujan mulai turun sekitar pukul 14.30 WIB. Hujan lebat dan merata membuat debit air di Kali Jenes terus meningkat.

Bahkan ketika hujan sempat reda sekitar pukul 18.00 WIB, debit air di Kali Jenes tetap terus meningkat. Luapan air pun mulai masuk ke rumah warga dan masuk ke Pasar Jongke.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Solo, Nico Agus Putranto, mengatakan banjir terjadi akibat hujan lebat yang merata di Solo Raya. Meski hujan sempat reda, Kali Jenes terus mendapatkan aliran dari Boyolali.

"Hujannya memang merata, di Boyolali juga deras sehingga Kali Jenes yang mendapat aliran dari Boyolali meluap," kata Nico kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Nico juga langsung memantau evakuasi warga dari rumah menggunakan perahu karet. Warga untuk sementara diungsikan ke balai warga.

"Warga di RW 14 ini kita evakuasi ke balai. Daerah terdampak mana saja masih kami inventaris. Tapi sepanjang Kali Jenes ini memang meluap, dari Solo barat sampai Serengan," katanya.

Hingga pukul 21.30 WIB, air masih menggenang namun sudah semakin surut. Air di Pasar Jongke pun tidak terlalu tinggi.

"Sekarang sudah mulai surut, beberapa warga sudah ada yang bersih-bersih rumah. Di Pasar Jongke airnya tidak tinggi, tim kami juga bergerak ke sana," tutupnya.



Simak Video "Penampakan Kota Serang Dilanda Banjir, Warga Kalang Kabut"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/aku)