Seorang Warga Singgah di Cilacap Positif Omicron

Arbi Anugrah - detikJateng
Jumat, 21 Jan 2022 17:24 WIB
Omicron Variant on test tube - New Variant of Covid 19
Ilustrasi Omicron (Foto: Getty Images/iStockphoto/DMEPhotography)
Cilacap -

Virus Corona atau COVID-19 varian Omicron ditemukan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Satu orang terkonfirmasi positif Omicron saat melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Pertamina Cilacap.

"Iya bukan (dirawat) di Rumah Sakit Pertamina. Jadi itu periksa saja di RS Pertamina dan sudah tanggal 5 Januari waktu itu dan hasil whole genome sequencing (WGS) baru tadi malam keluar, ternyata positif Omicron," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Pramesti Griana Dewi, saat dihubungi detikJateng, Jumat (21/1/2022).

Dia mengatakan saat itu orang tersebut langsung dibawa keluarganya ke Jogja untuk melakukan isolasi mandiri (isoman), sehingga posisinya saat ini sudah tidak berada di Cilacap.

"Tapi orangnya sudah tidak ada di Cilacap, tanggal 5 itu setelah diperiksa di Pertamina, kemudian dibawa keluarganya ke Jogja, sehingga isoman di Jogja," ujarnya.

Dia mengatakan satu orang yang terkonfirmasi positif Omicron tersebut bukanlah warga Cilacap. Warga itu hanya singgah untuk kemudian memeriksakan diri ke RS Pertamina.

"Dia bukan orang Cilacap, KTP-nya dari Pematang Siantar, jadi dia singgah saja. Dia ke Cilacap ada kepentingan sendiri. Jadi dari Jakarta ke Cilacap mau ketemu dengan keluarga dan sebagainya," jelasnya.

Meskipun hanya singgah di Cilacap, namun pihak Dinas Kesehatan Cilacap langsung melakukan tracing kepada beberapa orang yang diduga sempat kontak dengan orang tersebut.

"Meskipun hanya singgah, tetap kami lakukan tracing, karena dia kan dari stasiun, lalu ke rumah sakit Pertamina, itu kan, kita telusuri dan kita periksa juga yang kira-kira ada kontak dengan dia," ucapnya.

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan tracing dan melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang yang diduga kontak dengan orang tersebut. Setidaknya, sementara ini ada 12 orang yang sudah diperiksa berdasarkan hasil tracing, dengan hasil negatif.

"Sudah di-tracing dan negatif. Kalau yang kita periksa sementara ini dari pegawai RS Pertamina dan beberapa yang diduga ada kontak sudah kita periksa dan semuanya negatif, karana posisi dia saat di Cilacap tidak lama," ungkapnya.



Simak Video "Jangan Euforia Dulu! Epidemiolog Minta Waspada soal BA.2"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)