Wakil Bupati Sukoharjo Dicatut WA Minta Rekening Masjid

dil - detikJateng
Jumat, 21 Jan 2022 08:22 WIB
info hoax catut nama Wakil Bupati
Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santoso dicatut. (Foto: Tangkapan Layar akun IG @pemkabsukoharjo)
Sukoharjo -

Tangkapan layar berupa profil akun WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Sukoharjo, Drs H Agus Santoso beredar di media sosial. Pemilik akun itu memberikan penawaran bantuan untuk masjid dan meminta takmir agar menyerahkan nomor rekening atas nama masjid yang akan didaftarkan guna mendapatkan bantuan.

Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sukoharjo, menyatakan informasi tersebut palsu alias hoax. Melalui akun Instagram @pemkabsukoharjo, seperti yang dilihat detikJateng, Jumat (21/1/2022), pesan yang disampaikan Pemkab Sukoharjo yakni sebagai berikut:

Hoax yang mengatasnamakan Wakil Bupati Sukoharjo Drs. H Agus Santosa

@drs.agussantosa

#diskominfo
#diskominfoskh
#isuhoax
#wakilbupatisukoharjo
#20januari

Adapun nomor WhatsApp yang digunakan untuk mencatut nama Wakil Bupati Sukoharjo itu terpampang jelas dalam tangkapan layarnya, +62 821-4362-5674. Akun WhatsApp tersebut juga memajang foto Agus Santoso. Hingga berita ini ditulis, belum diketahui apakah sudah ada takmir masjid jadi korban oleh akun WhatsApp tersebut.

Agus Santoso mengimbau masyarakat agar tidak menghiraukan jika ada orang yang mencatut foto dan mengatasnamakan dirinya secara pribadi ataupun jabatannya sebagai Wakil Bupati Sukoharjo.

Dari pantauan detikJateng, laporan isu hoax dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sukoharjo itu diunggah di Instagram sejak 18 jam lalu. Unggahan tersebut menuai like sebanyak 121 dan 1 komentar.

"Mau tanya, apa kejadian seperti ini polisi tidak bisa mencari pelakunya? Dengan mencari titik GPS menggunakan nomer yang dibuat nipu itu? Kan nomer/kartu yang dipasang itu bisa singkron dengan imei haoe yang digunakan. Maaf cuma tanya," tulis akun @solo**** dalam kolom komentar.



Simak Video "Benda Bersejarah Saksi Kejayaan Islam di Kartasura, Sukoharjo"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)