Ganjar Tak Disebut di Pasar Legi, Wakilnya Hadiri Konser Gamelan ISI

dil - detikJateng
Jumat, 21 Jan 2022 06:56 WIB
Ganjar Pranowo di Blora (9/11/2021)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Foto: Febrian Chandra/detikcom
Solo -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melewatkan dua acara besar di Solo, kemarin (20/1). Selain tak menghadiri peresmian Pasar Legi oleh Ketua DPR Puan Maharani pada Kamis siang, Ganjar juga absen dari konser gamelan Paramagangsa di pendopo ISI Solo pada Kamis malam.

"Sampai saat ini Pak Gubernur (Ganjar) masih terjadwal hadir, belum ada cancel," kata Sie Publikasi Kepanitiaan konser Paramagangsa, Esha Karwinarno, kepada detikJateng, Kamis pagi.

Malamnya, nama Ganjar masih disebut pembawa acara konser saat membacakan sambutan dan ucapan terima kasih kepada sejumlah tokoh, pejabat, dan tamu undangan yang datang.

Absennya Ganjar dari konser perayaan atas penetapan gamelan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO itu baru dipastikan Rektor ISI Solo Dr I Nyoman Sukerna saat menyampaikan sambutannya di pertengahan acara, Kamis malam (20/1).

"Terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah yang perwakilannya sudah hadir, dan Wali Kota Surakarta (Gibran) yang sebentar lagi akan hadir, bapak ibu," kata I Nyoman Sukerna.

Perwakilan Ganjar itu adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Uswatun Hasanah. Uswatun mendapat giliran membacakan pidato sambutan Ganjar setelah I Nyoman Sukerna, Wakil Rektor Bidang I, dan sejumlah dosen ISI Solo memainkan satu gending gamelan Kebyar Bali.

Jika di konser gamelan itu Ganjar masih ada yang mewakili, tidak demikian saat peresmian Pasar Legi. Bahkan, diberitakan detikJateng sebelumnya, nama Ganjar maupun wakilnya tidak disebut dalam pidato di acara peresmian pasar yang diselenggarakan Kementerian PUPR itu.

"Nek takon kui aku ra ngerti (kalau tanya itu, saya tidak tahu)," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat wartawan menanyakan soal tidak hadirnya Ganjar.

Belakangan diketahui Ganjar ternyata sudah meninggalkan Jawa Tengah sejak Kamis pagi. "Bapak ke Jakarta pagi tadi," kata Kabag Humas dan Protokol Pemprov Jawa Tengah, Agung Kristiyanto, via pesan singkat, Kamis (20/1).

Terpisah, Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan Ganjar tidak bisa menghadiri peresmian Pasar Legi karena baru diundang pada Rabu malam (19/1).

"Tapi beliau kan sudah punya tugas untuk paparan atau presentasi tentang kebencanaan di Jateng. Jadi undangannya duluan itu di Jakarta," kata Rudy di sela peresmian Pasar Legi, kemarin.



Simak Video "Ganjar: Peran Pemerintah dalam G20 Bisa Mempengaruhi Kondisi Global"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)