Pasar Legi Solo Diresmikan Ketua DPR, FX Rudy: Ini Sejarah

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Kamis, 20 Jan 2022 16:25 WIB
Puan Maharani tinjau Pasar Legi Solo, Jawa Tengah
Ketua DPR RI Puan Maharani resmikan Pasar Legi Solo (Foto: Firda Cynthia/detikcom)
Solo -

Peresmian Pasar Legi Solo yang dilakukan Ketua DPR RI Puan Maharani mengundang polemik. Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo menyebut peristiwa ini sebagai sejarah. Apa alasannya?

Mantan Wali Kota Solo itu menilai selama ini proyek-proyek pemerintah selalu diresmikan oleh lembaga eksekutif, baik presiden, gubernur, menteri, wali kota atau bupati. Sepengetahuannya, Ketua DPR tidak pernah meresmikan proyek pembangunan.

"Ya ini sejarah. Karena ya mohon maaf bukan kita rasa nggak suka dan sebagainya, nggak. Kan saya tahu aturan juga. Jadi kalau peresmian itu kan tugasnya eksekutif. Legislatif kan mempunyai tugas legislasi, budgeting dan controlling, pengawasan," kata Rudy usai menghadiri peresmian Pasar Legi, Kamis (20/1/2022).

"Sehingga kalau ini diresmikan oleh Mbak Puan selaku Ketua DPR RI ya baru kali ini pembangunan diresmikan oleh ketua DPR RI. Mudah-mudahan selanjutnya juga ada seperti ini," imbuhnya.

Untuk diketahui, groundbreaking pembangunan Pasar Legi dahulu dilakukan oleh Rudy saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Beralih ke Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Puan Maharani sempat ikut meninjau pembangunan pasar.

"Nggak ada kaitannya di situ (dengan kunjungan Puan dulu)," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto menyebutkan alasan peresmian dilakukan Puan Maharani. Antara lain yakni anggaran pembangunan tersebut digodok oleh DPR.

"Ini kan anggaran pusat, pak menteri pelaksana, Mbak Puan yang teken, Mas Gibran sebagai Wali Kota Solo," kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu.



Simak Video "Sidak ke Pasar Solo, Puan Temukan Harga Minyak Masih Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/rih)