Ganjar Tak Hadiri Peresmian Pasar Legi, FX Rudy: Undangan Mendadak

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Kamis, 20 Jan 2022 15:50 WIB
Puan Maharani saat meresmikan Pasar Legi, Solo, Kamis (20/1/2022).
Puan Maharani saat meresmikan Pasar Legi, Solo, Kamis (20/1/2022). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng
Solo -

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo mengungkap polemik ketidakhadiran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam peresmian Pasar Legi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Ternyata Ganjar baru diundang tadi malam.

Rudy mengaku telah berkomunikasi dengan Ganjar tadi malam. Ganjar pun tidak bisa hadir karena sudah lebih dahulu menerima undangan terkait acara kebencanaan di Jakarta.

"Semalam saya telepon-teleponan dengan beliau (Ganjar) sekitar jam 23.30 WIB. Bahwa beliau dapat undangan tapi datangnya malam itu juga. Tapi beliau kan sudah punya tugas untuk paparan atau presentasi tentang kebencanaan di Jateng. Jadi undangannya duluan itu di Jakarta," kata Rudy yang juga hadir di acara peresmian Pasar Legi, Kamis (20/1/2022).

Menurutnya, jika undangan disampaikan sejak beberapa hari sebelumnya, Ganjar kemungkinan bakal hadir. Rudy sendiri selaku mantan Wali Kota Solo menerima undangan sejak tiga hari yang lalu.

"Kalau undangannya dua hari sebelumnya mungkin bisa minta mundur untuk jadwal presentasi tersebut. Itu yang saya dengar dari beliau semalam. Kalau saya diundang secara pribadi, tiga hari yang lalu," ujarnya.

Meski demikian, Rudy menilai ketidakhadiran Ganjar bukanlah sebuah masalah. Ganjar pun bisa saja datang ke Pasar Legi di waktu yang lain.

"Kalau peresmian kan hanya seremonial. Mungkin suatu saat Pak Ganjar mau ninjau di sini nggak ada salahnya. Wong ini wilayahnya beliau Jawa Tengah kok," kata Rudy.

Rudy pun menepis jika PDIP terbelah karena isu hubungan Puan dan Ganjar yang tidak harmonis. Dia juga menegaskan Ganjar tidak hadir bukan karena isu tersebut.

"PDIP ini selalu bersatu. Nggak ada urusan nggak akur dan sebagainya, nggak ada. Pak Ganjar kalau diundang tidak mendadak malam itu juga dan beliau tidak punya kegiatan mitigasi kebencanaan Jateng pasti hadir. Beliau nggak mikir itu kok. Mikirnya dia Jawa Tengah," tegasnya.

Sebelumnya, detikJateng sempat menanyakan ketidakhadiran Ganjar Pranowo kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Namun dia mengaku tidak mengetahuinya.

"Nek takon kui aku ra ngerti (kalau tanya itu, saya tidak tahu)," kata Basuki.



Simak Video "Kader PDIP Temanggung Kembalikan Bantuan Ganjar Bikin FX Rudy Geram"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)