Ganjar Tak Hadir di Peresmian Pasar Legi, Ini Kata Bambang Pacul

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Kamis, 20 Jan 2022 14:36 WIB
Bambang Pacul Wuryanto
Bambang 'Pacul' Wuryanto. Foto: Ari Saputra
Solo -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak hadir saat peresmian Pasar Legi, Solo. Pasar yang selesai dibangun setelah terbakar di 2018 itu diresmikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Kehadiran Puan dalam kegiatan itu juga didampingi oleh salah satu Ketua DPP PDIP, Bambang Wuryanto yang akrab dipanggil Bambang Pacul. Saat ditemui wartawan, Bambang tidak banyak berkomentar mengenai ketidakhadiran Ganjar dalam acara itu.

Pria menjabat Ketua DPP sekaligus Ketua DPD PDIP Jateng ini mengaku tidak mengetahui persoalan undangan. Dia sendiri mengatakan memperoleh undangan dari Kementerian PUPR.

"Saya dapat undangan dari kementerian. Ini kan anggaran pusat. Mungkin ada konsinyasi dengan pemkot. Mungkin aku di pusat undangan dari PUPR, yang daerah dari pemkot," kata Bambang Pacul, di sela-sela peresmian Pasar Legi, Kamis (20/1/2022).

Terkait isu ketidakharmonisan Puan dengan Ganjar, Bambang enggan menjelaskan karena khawatir akan timbul polemik. Dia meminta wartawan untuk menanyakan sendiri kepada Ganjar ataupun Puan.

"Jangan ke saya. Kalau saya yang jawab itu artinya persepsi. Silakan tanya sendiri dengan Mbak Puan atau Pak Ganjar," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dipastikan tidak hadir dalam peresmian Pasar Legi Solo oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Kamis (20/1/2022). Padahal pasar ini berada di wilayah Jawa Tengah.

Dalam sambutan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka maupun Puan Maharani, nama Gubernur Jawa Tengah atau yang mewakili tidak disebut. Namun belum diketahui apakah ada perwakilan dari Pemprov Jateng yang hadir dalam acara itu.

Adapun beberapa tokoh yang tampak hadir antara lain ialah Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gibran Rakabuming Raka, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo.

Beberapa kali diwawancara wartawan di hari sebelumnya, Gibran mengaku tidak mengetahui apakah Ganjar hadir. Menurutnya, peresmian ini adalah acara Kementerian PUPR.

Usai peresmian, detikJateng sempat menanyakan ketidakhadiran Ganjar Pranowo kepada Basuki Hadimuljono. Namun dia mengaku tidak mengetahuinya.

"Nek takon kui aku ra ngerti (kalau tanya itu, saya tidak tahu)," kata Basuki.



Simak Video "Bambang Pacul Nilai Puan Belum Tunjukkan Sinyal Nyapres"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)