Pendatang dari Jakarta Masuk Kota Magelang Diminta Tes Swab Dulu!

Eko Susanto - detikJateng
Rabu, 19 Jan 2022 14:55 WIB
Ilustrasi Tes Swab
Ilustrasi tes Corona. (Ilustrator: Mindra Purnomo)
Kota Magelang -

Wali Kota Magelang Mochamad Nur Aziz meminta warga dari Jakarta yang masuk wilayahnya agar tes swab untuk mengantisipasi penularan kasus COVID-19. Aziz meminta Ketua Rukun Tetangga (RT) maupun Ketua Rukun Warga (RW) aktif melakukan pengawasan.

"Saya sudah ingatkan ke RT, RW, kalau ada tamu dari Jakarta, dari luar sebaiknya di-swab (minimal antigen)," kata Aziz kepada wartawan di kantor Pemkot Magelang, Rabu (19/1/2022).

Aziz mengatakan tidak membatasi aktivitas masyarakat di Kota Magelang. Meski demikian dia meminta warga untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Nggak ada, nggak ada. Kita lebih persuasif ke masyarakat, untuk tetap menjaga, jaga jarak, memakai masker, kemudian cuci tangan," tuturnya.

Aziz yang juga dokter spesialis penyakit dalam itu menambahkan, vaksin yang dilakukan sangat efektif mengantisipasi kasus COVID-19. Saat ini Kota Magelang berstatus PPKM level 1.

"Sangat, sangat efektif (vaksin). Semua yang dilakukan kemarin itu bisa menahan dan ini saya lagi mau rapat lagi karena kenaikan di Jakarta lebih hebat, luar biasa. Ini kita mau nguatin lagi, mengingatkan lagi jangan istilahnya enak-enak. Jadi saya harapkan kita berdoa, mudah-mudahan Januari bisa kita lewati tanpa ada kenaikan seperti bulan Juni, Juli kemarin (tahun 2021)," paparnya.

Menurutnya, Kota Magelang sudah 10 hari ini nol kasus Corona.

"Alhamdulillah 10 hari nol terus (COVID-19), ya itu bersyukur," imbuhnya.



Simak Video "Bertambah 308 Positif Corona 14 Mei, DKI Sumbang 114 Kasus"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)