Dicurhati soal Kasur Homestay Desa Hanjeli Tipis, Sandiaga: Kita Sat Set!

Dicurhati soal Kasur Homestay Desa Hanjeli Tipis, Sandiaga: Kita Sat Set!

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Sabtu, 24 Sep 2022 21:30 WIB
Sandiaga Uno di Sukabumi.
Sandiaga Uno di Sukabumi (Foto: Istimewa).
Sukabumi -

Desa Wisata Hanjeli di Kampung Waluran II, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi terpilih sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik dari Anugerah Desa Wisata 2022. Lokasi itu mampu menumbuhkan Eduwisata yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Saat dikunjungi Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno, Asep Hidayat Mustofa alias Abah Asep yang merupakan Founder Desa Wisata Hanjeli mengungkap adanya geliat warga membuat Home Stay untuk para tamu yang datang.

Abah Asep mengungkap beberapa kekurangan homestay salah satunya kondisi kasur yang tipis karena adanya keterbatasan warga menyediakan sarana prasarana tersebut. Abah Asep mencurhatkan hal itu langsung ke Sandiaga, lalu apa jawabannya?


"Kekurangan di homestay saya mau tanya nanti (apa saja) kekurangan ini apakah bisa kita wujudkan yang tidak pakai ribet dan mumet, sat set sat set, wat wet jadi. Karena tadi yang diminta kasur mudah-mudahan bisa secepatnya," tegas Sandiaga, Sabtu (24/9/2022).

Sandiaga juga berharap, Desa Wisata Hanjeli yang berada di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu bisa memberikan warna tambahan.

"Bahwa Geopark itu bukan hanya keindahan alam tetapi juga budaya lokal dan memberdayakan masyarakat setempat itu yang sangat dinilai oleh para asesor. Jadi asesor tadi sudah menulis juga mereka sangat terkesan makan ikan lele pak karena ini bagian dari kearifan lokal belum pernah mereka makan," ujar Sandiaga.

"Asesoe juga merasakan keramahtamahan khas Indonesia di Desa Wisata Hanjeli kita akan dukung promosi kita akan berikan pendampingan, bekerja sama dengan Adira mudah-mudahan ini awalnya kebangkitan kita untuk menciptakan banyak peluang untuk masyarakat desa menciptakan konten-konten ketemu juga dengan anak desa yang bangga dengan konten-konten anak-anak desa ini akan terus kedepankan,"kata Sandiaga menambahkan.

(sya/mso)