Rute, Lokasi dan Harga Tiket Green Canyon Pangandaran

Rute, Lokasi dan Harga Tiket Green Canyon Pangandaran

Aldi Nur Fadillah - detikJabar
Sabtu, 24 Sep 2022 16:00 WIB
Body Rafting di Green Canyon Pangandaran
Body Rafting di Green Canyon Pangandaran (Foto: Dhani Irawan/detikcom)
Pangandaran -

Liburan ke Pangandaran rasanya belum lengkap apabila tidak menjajal objek wisata body rafting di Green Canyon. Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran jaraknya 57 menit perjalanan dengan jarak tempuh 28,9 km lewat Jl. Raya Cijulang.

Nama Green Canyon pertama kali dikenalkan wisatawan asing asal Perancis bernama Bill Jhon yang mengaitkan dengan sebuah ngarai yang ada di Grand Canyon, Arizon, Amerika Serikat yang membelah sungai.

Tetapi warga setempat akrab memanggil Green Canyon dengan cukang taneuh yang ditandai dengan adanya jembatan tanah dengan lebar 3 meter dan terbentuk secara alami.


Sehingga cukang taneuh itu menghubungkan dua tebing sungai yang menghubungkan wilayah Kecamatan Cijulang dan Kecamatan Cimerak.

Green Canyon menyediakan keindahan berupa aliran sungai yang diapit diantara dua bukit bebatuan yang tembus ke dalam goa. Sementara pada mulut goa terdapat hiasan gemercik tetesan air abadi yang tak pernah surut.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Green Canyon Iyus mengatakan, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Green Canyon diantaranya naik perahu menyusuri sungai Cijulang hingga ke Green Canyon, berenang, body rafting dan swafoto diantara tebing bebatuan yang eksotis.

Menurutnya ada beberapa titik atraksi wisata yang biasa dijajal wisatawan, antara lain, Gua Cukang Taneuh, Batu Tengah, Batu Payung dan Pemandian Putri.

"Ada beberapa penawaran yang bisa dilakukan jika ke Green Canyon, berperahu untuk wisatawan yang sekedar menikmati pemandangan alam, berenang, body rafting, terjun ke dalam air dan menjelajahi tebing bagi wisatawan yang menyukai tantangan yang memacu adrenalin," kata Iyus saat diwawancara detikJabar belum lama ini.

Rute dan Akses ke Green Canyon

Jika dari arah Bandung, Tasik dan Ciamis wisatawan bisa melalui jalur Banjar ke Padaherang kemudian jalan Emplak di Kalipucang. Tak jauh dari Kalipucang setelah sampai di Bunderan Marlin, ambil arah kanan menuju Jalan Raya Cijulang dengan jarak tempuh 28,9 kilometer.

Apabila menggunakan pribadi bisa langsung menuju dermaga pertama Green Canyon yang berada di samping jalan. Lokasinya samping kiri ruas jalan. Jika menggunakan kendaraan umum, sesampainya di terminal Pangandaran, Anda langsung naik angkot arah Pangandara-Cijulang, dengan tarif Rp 10.000. Sesampainya di Terminal Cijulang, bisa menyewa ojek menuju ke Green Canyon dengan biaya Rp 15.000 per orang.

Jika wisatawan menggunakan jalur Pantai Selatan atau Pansela, bisa menuju Cimerak melalui jalan Kalapa Genep, Tasikmalaya yang masuk ke pantai Ciparanti, Legok Jawa. Ataupun dari Sindangsari Cimerak yang dilewati jalan Kabupaten Tasikmalaya.

Harga Tiket Wisata dan Body Rafting

Harga masuk ke objek wisata Green Canyon hanya Rp 10 ribu. Namun, jika ingin menikmati wahana body rafting, Green Canyon cukup terjangkau karena double dengan sewa perahu dengan short time track Rp 200 ribu dan long time track Rp 225 ribu.

Fasilitas yang didapatkan diantaranya, peralatan safety, mobil pick up, perahu penjemputan, tiket masuk objek wisata, asuransi wisata, makan 1 kali, river guide atau pemandu, free parkir, free kamar mandi dengan minimal 5 peserta.

Adapun paket body rafting untuk full paket bagi rombongan yang lebih dari 10 orang dari Jelajah Green Canyon.

Paket Full Body Rafting

Untuk paket full body rafting, Anda harus merogoh kocek Rp 420 ribu per orang, sudah termasuk home stay, makan 4 kali, body rafting, tiket masuk, dokumentasi, guide, asuransi dan banana boat di Pantai Batukaras.

Paket Body Rafting Track Standar

Untuk harga paketnya Rp 200 ribu per orang dengan fasilitas tiket plus asuransi, peralatan keamanan body rafting, pemandu, perahu jemputan, mobil pickup, dokumentasi, makan (nasi liwet, ayam bakar/goreng), jarak tempuh body rafting sepanjang 7 kilometer dengan durasi 3 jam dan minimal 5 orang.

(iqk/iqk)