Sandiaga Terkesan dengan Keistimewaan Desa Wisata Hanjeli Sukabumi

Sandiaga Terkesan dengan Keistimewaan Desa Wisata Hanjeli Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Sabtu, 24 Sep 2022 19:05 WIB
Sandiaga Uno.
Sandiaga Uno (Foto: Syahdan Alamsyah/detikJabar).
Sukabumi -

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno terkesan dengan Desa Wisata Hanjeli. Ia tidak menyangka kawasan wisata berbasis Eduwisata itu ternyata hasil inisiasi eks pekerja migran.

Desa Wisata Hanjeli adalah salah satu dari 50 desa wisata terbaik dari Anugerah Desa Wisata 2022. Kawasan itu berada di Kampung Waluran II, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

"Kami memberikan apresiasi karena dari 50 desa wisata ini ada salah satunya berbasis restorasi pangan ya. Dari Hanjeli ini hampir punah tapi sekarang dikembangkan dengan penuh kearifan lokal, melibatkan masyarakat, menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja," kata Sandiaga kepada awak media, Sabtu (24/9/2022).


Di lokasi itu, Sandiaga disuguhi beragam aksi teatrikal dan tari-tarian yang melibatkan warga dari seluruh usia. Sandiaga meyakini, Desa Wisata tersebut adalah salah satu lokasi yang bisa menciptakan peluang kerja baru bagi warganya.

"Karena saya lihat lapangan kerja bukan hanya ibu-ibu tapi juga anak muda terlibat ada juga tari-tarian yang sudah ditampilkan tadi, ini adalah bagian menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru yang merupakan tugas dari Pak Jokowi kepada Kemenparekraf untuk membina desa-desa ini agar bisa menjadi sumber ketahanan pangan kita dan kemampuan kita untuk bangkit ekonomi pasca pandemi," kata Sandiaga.

Di lokasi itu, Sandiaga melihat langsung proses pengolahan Hanjeli. Bahkan ia sempat mencoba pengolahan Hanjeli dengan cara tradisional. Mirip bulir padi, Sandiaga sempat mencoba menampi bulir hanjeli dan memecah bulir Hanjeli menggunakan Lisung.

Sandiaga terlihat ditemani Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Dharmawansyah dan Founder Desa Hanjeli Asep Hidayat Mustofa atau dikenal dengan sebutan Abah Asep.

"Dari Hanjeli ini mas menteri, bisa menjadi berbagai produk pangan seperti keripik, tapi juga dodol, rengginang, jadi beras, jadi tepung bahkan cake, sabun hanjeli dan berbagai produk lainnya," kata Abah Asep saat menerangkan hasil dari produk Hanjeli kepada Sandiaga.

"Mudah-mudah bisa untuk go internasional kita akan buatkan konten-konten promosi makanya tadi kalau dilihat sama teman-teman banyak angle-angle yang kita ambil karena yang dijual dari Desa Hanjeli ini ternyata menarik sekali. Jadi bukan hanya bagian dari Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang merupakan kearifan lokal," ujar Sandiaga.

(sya/mso)