Kabupaten Bandung Barat

Situ Ciburuy yang Kini Lebih Menawan

Whisnu Pradana - detikJabar
Sabtu, 13 Agu 2022 20:31 WIB
Warga nikmati suasana baru Situ Ciburuy, Bandung barat.
Foto: Warga nikmati suasana baru Situ Ciburuy, Bandung Barat (Whisnu Pradana/detikJabar).
Bandung Barat -

Situ Ciburuy di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini punya wajah baru usai dipoles. Objek wisata yang lokasinya ada di pinggir jalan itu jadi andalan baru selain Lembang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istrinya Atalya Praratya datang langsung untuk meresmikan Situ Ciburuy yang telah direvitalisasi sejak tahun 2019 silam pada Sabtu (13/8/2022).

Pria yang karib disapa Kang Emil itu turut menebar benih ikan di Situ Ciburuy. Kemudian berjalan-jalan di sepanjang situ sehingga sontak diserbu masyarakat yang telah menyemut sejak pagi.


"Alhamdulillah di Agustus 2022 ini Situ Ciburuy diresmikan. Sehingga tempatnya yang dulu kurang tertata dan warungnya kumuh, sekarang bisa dilihat langsung sudah rapi dan bersih," ungkap Kang Emil kepada wartawan.

Situ Ciburuy yang kini telah dipugar diarahkan menjadi rest area atau tempat istirahat bagi pelaku perjalanan baik yang mengarah dari Sukabumi, Cianjur, Bogor, Jakarta, dan sekitarnya menuju Bandung maupun sebaliknya.

"Jadi dikembalikan lagi menjadi rest area bagi yang dari Cianjur, Sukabumi, Bogor, Jakarta, atau sebaliknya bisa berhenti dulu karena di sini ada kegiatan UMKM, juga warung-warung kuliner sambil melihat Situ Ciburuy tempatnya sudah representatif," katanya.

Dia mengungkapkan total anggaran yang digelontorkan untuk memoles situ yang bersejarah itu mencapai Rp 32 miliar dari APBD Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di dua tahun anggaran yakni 2019 dan 2020.

"Memang agak tersendat karena COVID-19, tapi Alhamdulillah di 2022 ini semuanya selesai dan bisa dimanfaatkan. Nanti Dinas SDA Jabar dan KBB akan merumuskan keramaian apa di Situ Ciburuy supaya orang terus datang," ucapnya.

Selain Situ Ciburuy, Kang Emil menyebut masih banyak situ lainnya yang bisa jadi sarana rekreasi masyarakat karena melewati permukiman padat penduduk.

"Jadi konsepnya kalau danaunya jauh dari permukiman urusannya hanya satu ekosistem air. Tapi kalau dia (danau/situ) melewati permukiman dia ada tambahan fungsi, yaitu fungsi sosial dan rekreasi," ujar Emil

Di Situ Ciburuy, pengunjung bisa menikmati pemandangan sambil berwisata kuliner. Ada juga wahana permainan seperti sepeda air, perahu, dan spot foto.

(mso/mso)