Ngabuburit Asik Sambil Berswafoto di Cirebon Rasa Bali

Ony Syahroni - detikJabar
Selasa, 19 Apr 2022 17:00 WIB
Kampung Sabin.
Kampung Sabin. (Foto: Ony Syahroni/detikJabar)
Cirebon -

Cirebon rasa Bali, ini jadi kalimat yang menggambarkan Kampung Sabin. Apa sih yang membuatnya disebut Cirebon rasa Bali?

Kampung Sabin merupakan sebuah destinasi wisata dan kuliner di Kabupaten Cirebon yang menawarkan suasana seperti di Ubud, Bali. Destinasi yang berdiri di tengah hamparan sawah ini dijamin bisa memikat pengunjung untuk betah berlama-lama.

Di Kampung Sabin, nuansa Bali menjadi semakin kental dengan banyaknya kain bercorak hitam-putih khas Pulau Dewata. Gapura yang menjadi pintu masuk menuju wisata tersebut pun melengkapi suasana khas Bali.


Di bulan Ramadan, Kampung Sabin jadi salah satu yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Dengan udara segar di tengah persawahan, pengunjung bisa duduk-duduk santai dan menikmati pemandangan sekitar sembari menunggu waktu berbuka puasa.

"Kampung Sabin ini adalah resto wisata alami outdoor. Selain berwisata dan berfoto, kita juga bisa pesan makanan di sini," kata Sales & Operational Manager Kampung Sabin Tommy Prasojo saat berbincang dengan detikJabar.

Kampung Sabin.Kampung Sabin. (Foto: Ony Syahroni/detikJabar)

Berbeda dengan hari-hari biasanya, saat Ramadan, Kampung Sabin mulai dibuka pada pukul 15.00 WIB hingga 21.30 WIB. Untuk bisa menikmati keindahan destinasi wisata di sini, pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp 30 ribu saat hari kerja dan Rp 35 ribu di akhir pekan.

Dengan harga segitu, pengunjung juga sudah mendapat satu produk minuman. Sementara, jika pengunjung ingin memesan menu makanan, minimun pemesanannya adalah Rp 350 ribu untuk empat orang dan Rp 750 ribu untuk delapan orang.

"Di Kampung Sabin ini ada beberapa spot selfie dan spot VIP. Jadi pengunjung di sini ada dua tipe. Ada pengunjung reguler dengan cukup membeli tiket masuk dan ada juga pengunjung VIP. Untuk pengunjung VIP juga ada dua kategori, yaitu yang 4 seat dan 8 seat," jelas Tommy.

Ada sekitar 42 spot non VIP di Kampung Sabin yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk duduk-duduk santai sambil berswafoto. Sedangkan untuk pengunjung VIP, ada tiga macam menu makanan yang bisa dipesan. Mulai dari menu makanan khas Nusantara, Seafood maupun Western.

Kampung Sabin.Kampung Sabin. (Foto: Ony Syahroni/detikJabar)

Lokasi dan Jarak Tempuh

Resto wisata Kampung Sabin yang menyuguhkan suasana seperti di Ubud Bali ini berlokasi di Sindangjawa, Kecamatan Dukuhpuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Jika dari Terminal Bus Harjamukti Kota Cirebon, Kampung Sabin ini hanya berjarak kurang lebih 14 kilometer. Lokasinya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika lalu lintas sedang lancar, perjalanan dari Terminal Bus Harjamukti Kota Cirebon menuju ke Kampung Sabin membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Buat detikers yang ingin merasakan momen ngabuburit dengan udara segar di tengah persawahan bernuasansa Bali, Kampung Sabin sangat menarik untuk dikunjungi!

(ors/bbn)