Wuiih, Deretan Mobil Klasik Mejeng di Galeri Soeyono Lembang

Whisnu Pradana - detikJabar
Selasa, 15 Feb 2022 18:39 WIB
Galeri Soeyono, kafe unik di Lembang yang memajang puluhan mobil antik
Foto: Whisnu Pradana
Bandung Barat -

Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tak pernah gagal membuat wisatawan untuk lagi dan lagi berkunjung. Mulai dari menikmati nuansa alamnya hingga tempat nongkrong.

Kafe dengan beragam suasana menjamur di seantero Lembang. Ada yang menyuguhkan sejuknya nuansa hutan pinus, bangunan heritage yang kaya akan nilai sejarah, sampai yang terbaru adakafeyang mampu memikat para penyuka otomotif.

Namanya Galeri Soeyono, sebuah kafe yang baru lahir tiga bulan lalu. Lokasinya ada di Kompleks Panorama Indah, Jalan Raya Tangkuban Parahu, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).


Puluhan mobil klasik milik empunya kafe terparkir . Kesan pertama, pastinya takjub dengan deretan mobil klasik yang kini sudah tak eksis lagi.

Galeri Soeyono, kafe unik di Lembang yang memajang puluhan mobil antikGaleri Soeyono, kafe unik di Lembang yang memajang puluhan mobil antik Foto: Whisnu Pradana

Salah satu koleksi yang dapat memikat mata pengunjung yakni Jaguar XK 150 3.4 yang dikeluarkan antara tahun 1959-1960 warna emas milik Soeyono. Ada lagi mobil angkutan zaman G30S/PKI yang mengangkut pasukan Cakrabirawa.

Nuansa klasik sangat kental. Tak cuma ngopi dan menyantap hidangan yang ditawarkan, pengunjung juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto bersama mobil tersebut.

"Jadi kalau datang ke sini pengunjung enggak hanya makan dan nongkrong saja, tapi bisa foto-foto sambil melihat dan mengenal koleksi mobil zaman dulu," ujar Marketing Galeri Soeyono Anugerah Januar Tunis kepada detikcom, Sabtu (5/2/2022).

Koleksi mobil dan motor klasik milik sang empunya kafe yang dipajang dan dipamerkan ada sekitar 30 unit. Mobil paling tua yang dikoleksi dan dipamerkan yakni mobil berjenis BMW keluaran tahun 1930-an.

Istimewanya lagi, di galeri tersebut terdapat mobil yang dihadiahkan oleh mendiang Presiden Soeharto pada Soeyono. Sekadar informasi, Soeyono merupakan mantan ajudan Soeharto pada tahun 1985-1989. Ia merupakan seorang personel TNI dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal (Letjen) TNI Purnawirawan.

"Makanya, di sini juga ada mobil tokoh, yaitu mobil pemberian dari Pak Soeharto karena bapak (Soeyono) itu dulu kan ajudannya Pak Soeharto," kata Anugerah.

Galeri Soeyono, kafe unik di Lembang yang memajang puluhan mobil antikFoto: Whisnu Pradana Foto: Whisnu Pradana

Tak hanya deretan mobil dan motor klasik, di lantai dua kafe pengunjung juga bisa melihat-lihat galeri miniatur mobil klasik, lukisan, dan berbagai macam barang antik lainnya secara gratis.

"Selain itu di sini ada juga galeri miniatur mobil, karena bapak (Soeyono) juga merupakan seorang kolektor miniatur mobil-mobil klasik, lalu menyukai barang-barang zaman dulu termasuk kaset-kaset dan piringan hitam," ucap Anugerah.

Menilik segala keunikannya, Galeri Soeyono tentunya bisa dijadikan rekomendasi dan daftar kafe yang wajib dikunjungi saat berlibur ke kawasan Lembang.



Simak Video "Sensasi Ngopi Asyik di Kafe Tepi Kolam Renang"
[Gambas:Video 20detik]
(ern/ern)