Indahnya Curug Cikondang, Niagara Mini di Cianjur

Ismet Selamet - detikJabar
Jumat, 11 Feb 2022 20:55 WIB
Curug Cikondang yang berada di Kabupaten Cianjur ini bak air terjun Niagara. Tak heran kawasan ini jadi salah satu destinasi wisata andalan di Cianjur.
Foto: Ismet Selamet/Detikcom
Cianjur -

Curug Cikondang, wisata air terjun yang berada di Kampung Sindanghela Desa Wangunjaya Kecamatan Campaka Cianjur ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Akses yang mudah terjangkau dan infrastruktur jalan yang sudah bagus, tidak ada alasan bagi Anda tak berkunjung ke curug yang berada di kawasan penunjang Situ Megalitikum Gunung Padang ini.

Curug yang bagaikan mini Niagara ini hanya berjarak 9,9 kilometer dari Situs Gunung Padang. Sementara dari pusat kota Cianjur, jarak ke Curug ini sejauh 37,1 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.


Curug yang dinamai berdasarkan aliran sungainya yakni sungai Cikondang ini memiliki aneka keindahan alam yang mempesona, sejak dari perjalanan.

Hamparan kebun teh menemani perjalanan, baik dengan melalui jalur Gunung Padang ataupun Jalur Campaka. Perbukitan teh ini membuat pandangan menjadi jernih dan menuai kekaguman. Kabut tipis di pagi hari yang menyelemuti perbukitan ini semakin indah dilihat, membuat wisatawan ingin berlama-lama melihatnya.

Dalam perjalanan pun, tak jarang buruh petik teh sedang melakukan aktivitasnya. Begitu sampai kita akan disuguhkan pemandangan curug dengan lebar 10 meter dan tinggi 70 meter yang terlihat begitu indah.

Curug Cikondang yang berada di Kabupaten Cianjur ini bak air terjun Niagara. Tak heran kawasan ini jadi salah satu destinasi wisata andalan di Cianjur.Curug Cikondang yang berada di Kabupaten Cianjur ini bak air terjun Niagara. Tak heran kawasan ini jadi salah satu destinasi wisata andalan di Cianjur. Foto: Ismet Selamet/Detikcom

Kompepar Curug Cikondang Sundara Saputra, mengatakan destinasi wisata yang menjadi zona pengembang Gunung Padang ini, mulai dikelola sejak 2008 lalu dan dikembangkan secara serius pada 2014.

"Awalnya melihat ada potensi wisata air terjun yang indah dan berada dengan situs Gunung Padang, pemuda kemudian berinisiatif untuk mengelola dan menatanya sehingga menjadi destinasi wisata prioritas baru di Cianjur," ujar dia.

Menurutnya saat ini juga sudah dibuat beberapa spot foto khusus untuk wisatawan, mulai dari spot foto dengan latar belakang hati, hingga spot-spot yang akan membuat foto terlihat lebih instagramable.

Selain itu, Kompepar juga mulai menyediakan homestay untuk wisatawan yang ingin bermalam di kawasan Curug Cikondang.

"Berbagai penataan kami siapkan untuk wistawan agar semakin nyaman. Bukan hanya untuk berwisata seraya berfoto, tapi juga hingga menginap menikmati suasana curug dari siang ataupun malam," kata dia.

Ia menambahkan pihaknya juga menyediakan wisata khusus rappeling. Petugas dan alat khusus pun disiapkan bagi wisatawa yang ingin memacu adrenalin.

"Posisi curug ini kan atasnya sejajar dengan jalan utama. Sehingga memungkinkan untuk rappeling. Makanya kami juga sediakan wisata khusus tersebut. Banyak yang sudah mencoba, tapi harus mendaftar dulu sebelumnya," tuturnya.

Canyoneering di curug cikondangCanyoneering di curug cikondang Foto: detik

Selain pesonanya yang indah, curug ini juga dipercaya beberapa orang dapat membawa ketenaran atau membuat populer. Mitos itu sesuai dengan kata 'Kondang' dalam nama Curug Cikondang yang berarti terkenal.

Sundara, mengatakan masyarakat di Cianjur terutama di Kecamatan Campaka mempercayai jika siapapun yang mandi dan bersemedi di Curug Cikondang akan diberi ketenaran.

"Kepercayaan masyarakat seperti itu, kalau mandi ataupun bersemedi di Curug Cikondang akan tenar atau kondang," tuturnya.

Namun di luar dari adanya mitos tersebut, dirinya yakin, Curug Cikondang yang indah dan mempesona akan menjadi tujuan wisata prioritas di Cianjur, selain Gunung Padang, Cibodas, ataupun Taman Bunga.



Simak Video "Buntut Pembacokan Bocah 14 Tahun, Geng Motor GBR Cianjur Dibubarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(ern/ern)