Umuh Muchtar Minta 80 Persen Exco PSSI Harus Diganti

Umuh Muchtar Minta 80 Persen Exco PSSI Harus Diganti

Bima Bagaskara - detikJabar
Kamis, 24 Nov 2022 15:00 WIB
Umuh Muchtar dalam acara GoSib detikJabar.
Komisaris PT PBB Umuh Muchtar. (Foto: Rindy Nurjanah/detikJabar)
Bandung -

PSSI memastikan akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023. Selain menentukan ketua umum baru PSSI, KLB PSSI itu juga bakal memilih Anggota Komite Eksekutif (Exco) yang baru.

Soal perombakan di tubuh PSSI itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Umuh Muchtar meminta agar formasi Exco PSSI dibongkar pada KLB nanti. Umum menegaskan setidaknya harus ada 80% anggota Exco yang diganti agar sepakbola nasional makin membaik.

"Minimal 70-80 persen out ya Exco. Kalau nanti ketuanya yang baru ya harusnya ganti semua dan harus mengerti tentang sepak bola," kata Umuh, dalam acara GoSib detikJabar, Rabu (23/11/2022).


Umuh juga mengharapkan kehadiran para mantan pemain sepakbola yang telah pensiun di tubuh PSSI. Menurutnya dengan keberadaan mantan pemain, PSSI ke depannya bisa lebih mengerti tentang sepak bola.

"Itu menurut saya mereka (mantan pemain) lebih murni dan tahu soal sepakbola. Yang mantan pemain gitu ya itu aja direkrut ya, mereka harus dilibatkan. Jadi murni untuk sepakbola, jangan mencari hidup berlebihan (dari sepakbola)," tegasnya.

Selain anggota Exco, Umuh juga menekankan pentingnya integritas dari komite wasit untuk menentukan wasit-wasit yang akan memimpin laga di kancah sepakbola Indonesia.

Menurutnya di bawah kepemimpinan Mochamad Iriawan, PSSI sudah menunjukkan langkah untuk meningkatkan kinerja wasit.

"Wasit agak lumayan yah, tapi ya tidak bisa membersihkan mafia wasit tapi ada perbaikan lah. PSSI juga ada kemajuan saat dipimpin Pak Iwan (Iriawan)," tutup Umuh.

(bba/orb)